MEDIA BIG BOOK WRITING BERBASIS CULTURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS

Dian Permatasari Kusuma Dayu,
Cerianing Putri Pratiwi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media Big Book Writing Berbasis Culture Learning pada pembelajaran menulis siswa kelas 5 SDN Selosari 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini ada dua data yaitu data verbal dan data nonverbal. Data verbal pada penelitian ini yaitu hasil rekaman kegiatan penerapan media big book writing berbasis culture learning pada pembelajaran menulis siswa kelas 5. Data nonverbal yaitu nilai hasil evaluasi kemampuan menulis. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5. Instrument pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data interaktif, ada tiga hal utama dalam analisis data model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu hasil nilai rata-rata menulis kelas 5 SDN Selosari 3 yaitu sebesar 81,9% dari total siswa 14, maka dapat dikatakan nilai menulis siswa sudah cukup baik. Semua siswa sudah dapat menulis cerita karena nilai siswa sudah mencapai KKM.

Keywords


Media Big Book Writing; Culture Learning; Menulis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats