PENERAPAN DISCOVERY LEARNING MELALUI AKTIVITAS TSTS DAN WINDOW SHOPPING PADA SISWA KELAS IX

Heri Suhud Kustoyo,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat peserta didik kelas IX J SMP Negeri 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yaitu deskripsi komparatif dengan membandingkan antara nilai awal dengan nilai hasil perlakuan baru. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Proses kegiiatan pembelajaran dilakukan dengan 6 tahapan yaitu : 1) Stimulation dengan menayangkan video sistem reproduksi; 2) Problem statement dengan menggali pertayaan dari video; 3) Data Collection membagi peserta didik menjadi 8 kelompok mencari informasi sistem reproduksi manusia; 4) Data processing dengan memberi tugas membuat mading tentang sistem reproduksi 5) verifiacation dengan berbagi tugas 2 orang berperan menjaga stand dan menjelaskan isi mading; 2 orang lainnya berperan menjadi tamu yang melakukan kegiatan kunjungan ke stand untuk diskusi. 6) Generalization ,guru memandu jalannya presentasi dan menarik kesimpulan. Perubahan perilaku setelah mengikuti pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia menggunakan model Discovery learning melalui aktivitas Two Stay Two Stray (TSTS) dan window Shopping yaitu meningkatkan keterampilan abad 21 yaitu keterampilan 4K (berfikir Kritis, Kreatif, Kerjasama dan Komunikasi) dan meningkatkan literasi berupa literasi bahasa, literasi digital dan literasi sains. Hasil belajar peserta didik kelas IX J SMP Negeri 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah mengikuti pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia model Discovery learning melalui aktivitas Two Stay Two Stray (TSTS) dan window Shopping diperoleh rata-rata nilai pengetahuan sebesar 84 lebih tinggi dibandingkan KKM IPA kelas IX yang ditetapkan SMP N 1 Cilacap. Daya serap peserta didik mencapai 100% dan ketuntasan belajar mencapai 93.8 %.

Keywords


Discovery learning; Two Stay Two Stray (TSTS); window Shopping; keterampilan abad 21

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats