PENERAPAN TEKNIK LATIHAN TERPUSAT DENGAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS KEGIATAN PASSING ATAS DAN BAWAH BOLA VOLI

Sunarmi Triningsih,

Abstract


Persoalan yang dihadapi selama proses pembelajaran permainan bola voli adalah rendahnya minat siswa pada pelajaran olah raga sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada kemampuan melakukan passing atas dan bawah bola voli.

Pada umumnya siswa belum bisa melakukan passing atas dan bawah dengan benar dilihat dari beberapa faktor yaitu masih adanya rasa takut pada diri anak jika mengalami cedera saat melakukan passing, siswa kurang berani manakala bola mengarah ke arah dahi saat melambungkan bola voli, serta pembelajaran yang guru berikan kurang menarik dan kurang kreatif dalam mengembangkan pelaksanaan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan pembelajaran dengan metode bermain.

 Metode bermain merupakan bentuk pembelajaran yang mengaplikasikan teknik ke dalam suatu permainan dengan penekanan proses latihan yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian yaitu berjumlah 28 orang siswa kelas XII SMA. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan Instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Indikator keberhasilan peningkatan pemahaman belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari 75% siswa tuntas KKM (dengan nilai 76). Hasil penelitian yang didapat memperlihatkan kenaikan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan minimal di setiap siklus. Pada siklus 1 terdapat 61% (17) siswa tuntas KKM. Pada siklus 2 terdapat 75% (21) siswa tuntas KKM. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus 2. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus 2, yaitu lebih dari 75% siswa tuntas KKM.

 

Kata kunci: metode bermain, Penjasorkes, passing atas dan bawah bola voli.

 

Keywords


metode bermain; Penjasorkes; passing atas dan bawah bola voli

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats