DAMPAK LAIN CARA BELAJAR TANPA TATAP MUKA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SD

Purnami Purnami,

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dampak atau pengaruh lain dari belajar tanpa tatap muka terhadap peningkatan pengetahuan siswa kelas VI pada SD Negeri Karangtengah IV. Pemahaman siswa dapat meningkat apabila siswa paham terhadap materi yang diberikan. Pembelajaran yang dilaksanakan terkait dengan model belajar tanpa tatap muka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dijaring menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, displai data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tanpa tatap muka (daring), sebagai akibat berlangsungnya pandemi covid 19 yang dirasakan sebagai penderitaan masyarakat dunia, di satu sisi, justru berdampak positif di sisi lain, yakni dapat meningkatkan pemahaman siswa atas ilmu pengetahuan. Pengetahuan siswa dapat meningkat karena siswa menjadi terlatih atau terampil menggunakan berbagai media pembelajaran, satu hal yang sulit terlaksana ketika pembelajaran selalu dilaksanakan secara tatap muka (luring).

 

Kata Kunci: peningkatan pemahaman, ilmu pengetahuan,  belajar tanpa tatap muka 

Keywords


peningkatan pemahaman; ilmu pengetahuan; belajar tanpa tatap muka

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats