PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V

Lestariningsih Lestariningsih,

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yaitu rendahnya nilai matematika siswa khususnya pada materi menentukan skala. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning di kelas V SD Tulasan dan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Tulasan menggunakan pendekatan discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Tiap siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Tulasan yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki, dan 11 siswa perempuan. Teknik analisis datanya adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Tulasan. Sebelum penelitian, persentase pencapaian KKM untuk hasil tes anak adalah 50%. Setelah penelitian siklus I menjadi 71%, sedangkan setelah siklus II mencapai 88%. Penelitian ini telah mencapai target yang diharapkan yaitu dapat mencapai KKM dengan tingkat pencapaian minimal 75%.

 

Kata kunci : prestasi belajar, matematika, pendekatan discovery learning 

Keywords


prestasi belajar; matematika; pendekatan discovery learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats