BUDI PEKERTI MENJALIN PERSAHABATAN MELALUI UCAPAN DALAM SERAT SANASUNU KARYA R.Ng. YASADIPURA II

Sigit Nugroho, SMAN 1 RONGKOP, Indonesia

Abstract


Abstrak

Serat Sana Sunu adalah karya sastra Jawa yang ditulis oleh  R. Ng. Yasadipura II berisi ajaran-ajaran luhur untuk menjadi manusia yang utama.  Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai budi pekerti menjalin persahabatan melalui ucapan yang terkandung di dalam serat Sana Sunu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data naskah Serat Sana Sunu. Teknik pengumpulan data dengan baca catat.  Data yang didapat adalah data kualitatif berupa  teks Serat Sana Sunu karya R.Ng. Yasadipura II khususnya teks yang berkenaan dengan ajaran-ajaran menjalin persahabatan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri (human instrument). Keabsahan data menggunakan teknik pembacaan yang berulang-ulang dan triangulasi. Adapun  analisis data menggunakan cara kualitatif. Hasil penelitian terhadap serat Sana Sunu menunjukkan bahwa di dalam menjalin persahabatan melalui ucapan diperlukan prinsip-prinsip yang harus diterapkan. Prinsip-prinsip tersebut adalah:  dapat menjaga rahasia, tidak sombong, menjauhi kefasikan, bicara penuh kebijaksanaan, tidak suka berdusta, dan tidak suka mencela.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 1927. Layang Sasmita Wrnitya. Perpustakaan Museum Dewantara Kirti Griya Taman Siswa Yogyakarta, Nomer Bb. 1.144

Atmodjo. S., Prawiro. 1994. Bausastra Jawa. Cetakan III. Yayasan “Djojo Bojo” Surabaya.

Baroroh-Baried, Siti, dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Darusuprata, 1975. Penulisan Sastra Sejarah: Tinjauan Tentang Struktur, Tema, dan Fungsi. Yogyakarta: Fakultas Sastra, UGM.

Endraswara, Suwardi. 2016. Hamemayu Hayuning Bawana: laku MenujuKeselamatan dan Kebahagiaan Hidup Orang Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Harjawiyana, Haryana., Th. Supriya. 2001. Kamus Unggah-Ungguh Basa Jawa. Yogyakarta: Kanisius.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Keraf, Gorys, 2002. Diksi dan Gaya Bahasa; Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 2013. Ki Hajar Dewantara: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka.(bagianI: Pendidikan). Yogyakarta: UST pres.

Naim, Ngainun,. 2012. Character Building. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Rusyan, A Tabrani, M. Sutisna WD., AS. Hidayat. TT. Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Intimedia Ciptanusantara

Soejadi. 1999. Pancasila sebagai SumberTertib Hukum Indonesia. Yogyakarta:Lukman Offset

Suparyadi. 2001. Kyai Priyayi di Masa Transisi. Surakarta: Pustaka Cakra.

Suseno, Frans Magnis. (1993). Etika Jawa. Jakarta: GramediaPustidaka Utama.

Suyami., dkk. 2015. Kajian Nilai Budi Pekerti dlingkungan Serat Jaya Baya. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan danPengembangan Bahasa. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua. Jakarta: Balai Pustaka. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wibawa, Sutrisna. 2013. Filsafatmoral Syeh Amongraga dlingkungan Serat Centhini. Yogyakarta. UNY Press.

Yasadipura II, R.Ng. 1980. Serat Sana Sunu. Koleksi pribadi. Transliterasi dan Terjemahan oleh Sudibjo Z.H. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.34244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats