Penggunaan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Ngadinem Ngadinem, SMA Negeri 6 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perkembangan keterampilan proses sains (KPS) peserta didik pada materi gerak parabola dan untuk mengetahui ada tidaknya signifikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan memanfaatkan simulasi PhET model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan melalui metode pra-eksperimen dengan desain one group pre-test dan post test. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling (sampel acak kelompok). Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas X-MIPA7 di SMA N 6 Yogyakarta. Proses pengidentifikasi perkembangan KPS peserta didik dianalisis berdasarkan analisis keuntungan yang dinormalitaskan dan ada tidaknya signifikan peningkatan KPS dianalis uji-T one group pre-test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik meningkat sebesar 20% (rendah) pada keterampilan mengamati, 57% (sedang) pada keterampilan menarik kesimpulan, 81% (tinggi) pada keterampilan memprediksi, 27% (rendah) pada keterampilan komunikasi dan 41% (sedang) pada keterampilan mengklasifikasi. Berdasarkan hasil analisis uji-T one group pre-test dan post-test diperoleh nilai rata-rata keterampilan proses sains peserta didik meningkat dari 60,00 menjadi 77,29 dengan N-gain 0,43 dan sig* 0.00 < 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan simulasi PhET model PBL dalam pembelajaran fisika secara keseluruhan dapat membantu meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada kategori sedang.
Kata kunci: Simulasi PhET, Model PBL dan Keterampilan Proses Sains (KPS)

Keywords


Simulasi PhET; Model PBL dan Keterampilan Proses Sains (KPS)

Full Text:

PDF

References


Aweke, SA., Beyene, BH., Beyene, TA., Shiferaw, GK. (2017). The Effect Of Problem Based Learning (PBL) Instruction On Students’ Motivation and Problem Solving Skills Of Physics. Eurasia Journal Of Mathematics Science And Technology Education, 13(3) : 857-871. https://dx.doi.org10.12973/eurasia.2017.00647a

Bismarbasa. (2012). Pengertian Pemecahan Masalah. ( http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2253033-pengertian-pemecahan-masalah/ Dakses pada tanggal 11 Januari 2013 ).

Chin, C., & Chia, L. (2004). Implementing project work in biology through: Problem based learning. Journal of Biological Education, 38(2), 69-75. https://dx.doi.org/10.1080/00219266.2004.9655904

Depdikbud. (2016). Permendikbud No. 22. (2016). Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djemari, M. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Gunawan, A. Harjono, H. Sahidu1, L. Herayanti. (2017). Virtual Laboratory To Improve Students’ Problem-Solving Skills On Electricity Concept. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (2) : 257-264. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8750

Hake R R (1999). Analyzing Change/Gain Scores (Indiana: Indiana University)

Kaniawati, I., Samsudin, A., Hasopa, Y., Sutrisno, A. D., and Suhendi, E. (2016). Journal of Physics: Conference Series,739

Noppadon Phumeechanya, Panita Wannapiroon. (2014). Design Of Problem-Based With Scaffolding Learning Activities In Ubiquitous Learning Environment To Develop Problem-Solving Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116, 4803-4808.https://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1028

Samsudin, A., Suhandi, A., Rusdiana, D., Kaniawati, I and Coştu, B (2016) . Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17 (1), 1.

Samsudin, A., Suhandi, A., Rusdiana, D., and Kaniawati, I . (2016). Journal of Physics: Conference Series, 739 .

Sunni, M.A., Wartono, dan Diantoro, M.( 2014). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan PhET Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.Malang : Pasca Sarjana MPIPA Universitas Negeri Malang

Wan Syafii, Ruhizan Mohd Yasin. (2013). Problem Solving Skills And Learning Achievements

Through Problem-Based Module In Teaching And Learning Biology In High School. Asian Social Science; Vol. 9, No. 12: 220-228




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats