APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN HAJI DAN UMRAH BERBASIS AUGMENTED REALITY/VIRTUAL REALITY

Ali Anton Senoaji, SMK Negeri 3 Yogyakarta, Indonesia
Winih Wicaksono, SMK Negeri 3 Yogyakarta
Endah Kusumaningrum, SMK Negeri 3 Yogyakarta

Abstract


Tujuan dari penelitian yaitu membangun aplikasi sistem informasi dan pelayanan ibadah haji dan umrah yang mampu menciptakan lingkungan virtual yang interaktif dengan basis Augmented Reality/Virtualy Reality (AR/VR). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D), yaitu mengembangkan Aplikasi Haji Pintar yang dibuat oleh Ditjen. PHU Kementrian Agama Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon/jamaah haji/umrah mengatakan aplikasi AR/VR ini mampu menciptakan lingkungan virtual yang interaktif. Terbukti ada 51% responden termotivasi untuk menunaikan ibadah haji/umrah. Pengembangan aplikasi sistem informasi pelayanan ibadah haji dan umrah dengan basis AR/VR menurut 82% responden mengatakan dalam kategori Layak.

APPLICATION OF THE INFORMATION SYSTEM OF HJI AND UMRAH SERVICES BASED ON AUGMENTED REALITY/VIRTUAL REALITY

The purpose of this research is to build an information system application and services for Hajj and Umrah that can create an interactive virtual environment based on Augmented Reality/Virtualy Reality (AR/VR). The method used in this research is a type of research and development (R&D), which is building/developing a Smart Hajj Application made by the Directorate General. PHU of the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia. The results showed that the pilgrims/pilgrims said that the AR/VR application was able to create an interactive virtual environment. It is proven that 51% of respondents are motivated to carry out the Hajj/Umrah pilgrimage. Development of information system applications for Hajj and Umrah services based on AR/VR according to 82% of respondents said it was in the Eligible category.


Keywords


Aplikasi Haji Pintar, (R&D), Augmented Reality/Virtualy Reality

Full Text:

PDF

References


Anshory, U. A. (2018). Aplikasi augmented reality untuk pembelajaran haji di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Jazilah, N. (2016). Aplikasi berbasis augmented reality pada buku panduan wudhu untuk anak (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Mahendra, I. B. M. (2016). Implementasi augmented reality (AR) menggunakan unity 3D dan vuporia SDK. Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), 1-5. Diunduh dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26341.

Mantasia, M., & Jaya, H. (2016). Pengem-bangan teknologi augmented reality sebagai penguatan dan penunjang metode pembelajaran di SMK untuk implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 281-291.

Sugiyono. (2012). Memahami penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode peneliti-an pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jps.v25i2.34389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Saintek

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 p-ISSN: 1412-3991 || e-ISSN: 2528-7036

Indexed by:

     

View My Stats