BIOMECHANICAL ANALYSIS OF SERVICE TECHNIQUES IN SENIOR DIY ATLET

Cerika Rismayanthi, FIK UNY
Abdul Alim, FIK UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara khusus kinerja teknik  servis atlet tenis  lapangan  senior DIY tahun 2010 dari tahap persiapan sampai  dengan follow­ through dengan kajian anal isis biomekanika.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  penelitian survei  dengan teknik observasi. Instrumen yang digunakan adalah kisi-kisi lembar  analisis, handycam dan treepod. Subyeknya penelitian adalah atlet senior di DIY yang  berjumlah 6 orang. Teknik analisis data penelitian adalah diskriptif dan persentase  dengan perhitungan  pada masing-masing tahap dan digunakan analisis sistem  perangkat lunak Dartfish Prosuite untuk mengetahui lebih jelas kinerja teknik servis yang dilakukan atlet senior DIY Tahun 2010.

Hasil peneJitian menunjukkan: kinerja teknik servis tenis lapangan pada atlet senior Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010 pada tahap persiapan baik, pada tahap  take back cukup  baik,  pada tahap  loading cukup  baik,  pada tahap  hitting baik,  pada tahap contact point baik, dan pad a tahap followthrough baik. Dari hasil  keseluruhan kinerja teknik servis tenis lapangan pada atlet senior Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010 di kategorikan baik.

 

Kata kunci: teknik servis, tenis lapangan, analisis biomekanik


Keywords


Service technique; tennis; biomechanical analysis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jps.v16i1.1739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



 p-ISSN: 1412-3991 || e-ISSN: 2528-7036

Indexed by:

     

View My Stats