MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PROBLEM POSING

Ali Mahmudi, Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Di dunia yang begitu cepat berubah, kreativitas menjadi penentu keunggulan. Daya kompetitif suatu bangsa sangat ditentukan pula oleh kreativitas sumber daya manusianya. Tidak sebagaimana pandangan klasik yang menganggap kreativitas sebagai kemampuan yang hanya dimiliki oleh individu luar biasa, pandangan terkini mengenai kreativitas menempatkannya sebagai kemampuan yang dapat dibentuk atau dikembangkan melalui berbagai usaha, termasuk melalui kegiatan pembelajaran yang terencana dengan baik. Dalam artikel ini dikemukakan mengenai keterkaitan problem posing yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan kemampuan siswa terhadap tiga dimensi utama kreativitas, yaitu kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty). 
Kata kunci: kreativitas, problem posing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v3i1.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats