Pengaruh Media Tangram Berbasis Articulate Storyline 3 terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Bangun Datar

Ita Rustiati Ridwan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Vianka Putri Rizaldi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Susilawati Susilawati, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Muhammad Hanif, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih belum berkembang dan tergolong rendah. Hal yang sama ditemukan di SDN Karangantu. Masih banyak siswa yang belum bisa menjelaskan secara rinci dari soal yang diberikan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tangram berbasis Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi bangun datar kelas IV SDN Karangantu sebanyak 38 siswa tiap kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes uraian materi bangun datar yang mengandung indikator kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tangram berbasis Articulate Storyline 3 memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi bangun datar kelas IV di SDN Karangantu. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test menghasilkan thitung > ttabel (4,8 > 2,0) yang menunjukkan bahwa penggunaan media tangram berbasis Articulate Storyline 3 lebih baik digunakan dari pada pembelajaran secara konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi bangun datar. Dengan penggunaan media tangram berbasis Articulate Storyline 3 pengaruh yang diberikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi bangun datar lebih tinggi. 

 

The creative thinking skills of students in Indonesia are still underdeveloped and relatively low. The same thing was found at SDN Karangantu. There are still many students who cannot explain in detail the questions given. One of the factors that causes this is the learning method used by the teacher is the lecture method without using learning media. The purpose of this study was to determine the effect of the use of tangram media based Articulate Storyline 3 on students' creative thinking abilities in class IV SDN Karangantu consisting of 38 students per class. The research approach used was quantitative with a quasi-experimental design type of nonequivalent control group design. The data collection technique is to use a flat material description test that contains indicators of the ability to think creatively. The results showed that the use of tangram media based Articulate Storyline 3 had an influence on students' creative thinking abilities in class IV flat shape material at SDN Karangantu. This can be seen from the results of the hypothesis using Independet Sample t-test testing yielding tcount > ttable (4.8 > 2.0) which indicates that the use of tangram media based Articulate Storyline 3- is better used than conventional learning on students' creative thinking abilities in flat shape material. With the use of tangram media based Articulate Storyline 3 the influence is given to students' creative thinking abilities in higher flat shape material.

 

Keywords


Articulate storyline 3; kemampuan berpikir kreatif; Media tangram

Full Text:

PDF

References


Aprilia, S., Sutisnawati, A., & Amalia, A. R. (2019). Pengaruh model somatic, auditory, visual, intellectual (savi) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis di sekolah dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 24–39. https://doi.org/10.33603/.v2i1.2245

Asyhari, A., & Sa’adah, Q. F. (2022). Pengaruh multimedia articulate storyline 3 terhadap kemandirian belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X di MAN 1 Kudus. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.113

Febrianti, A. P., Sesanti, N. R., & Gutama, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif articulate storyline untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi bangun datar kelas IV SD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PGSD, 5(1), 588–597. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/577

Fitri, N. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Tangram pada Pembelajaran Konsep Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas II SD Negeri Panaiakang II Kota Makassar. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makasar, Makassar.

Hasriani. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jaring-Jaring Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswakelas V Pada Materi Bangun Ruang di SDN Pulau Rinca. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram.

Husna, M. N., Sulistyawati, I., & Pramulia, P. (2022). Pengaruh media aplikasi aticulate storyline 3 terhadap hasil belajar kognitif materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam siswa kelas IV. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4255–4261. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i2.150

Maharani, I. N. (2017). Model pengembangan bahan ajar matematika untuk sekolah dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–10. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/54

Masfufah, S. H., Winarsih, P., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan self confidence terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa MTS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 895-902. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p895-902

Irawan, J. N. R., Priyatama, A. N., Fitriani, A. (2020). Permainan tangram terhadap berfikir kreatif pada siswa sekolah dasar. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(1), 37–50. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss1.art4

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/88

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui media tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Rhosaliana, A., Ulia, N., & Cahyaningtyas, A. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Bangun Ruang Kelas VI SD Negeri Kedalingan 01. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula(KIMU) 5 Universitas Islam Sultan Agung, Maret, (hlm. 195–205). Semarang. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/17622

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sari, F. A., Pratiwi, U., & Fatmaryanti, S. D. (2022). Pengembangan media interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1), 24–32. https://doi.org/10.37729/jips.v3i1.1146

Setyaningsih, S., Rusjino, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144-156. http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Jakarta (hlm. 1–6). Jakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v18i1.57692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats