Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan PISA Konten Space and Shape ditinjau dari Adversity Quotient

Titik Sugiarti, Universitas Jember, Indonesia
Abi Suwito, Universitas Jember, Indonesia
Fina Rohmatul Ummah, Universitas Jember, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi matematis siswa berdasarkan Adversity Quotient (AQ) dalam menyelesaikan soal PISA khususnya pada konten space and shape. Subjek pada penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas IX yang terdiri dari 2 siswa Climber (AQ tinggi), 2 siswa Camper (AQ sedang), dan 2 siswa Quitter (AQ rendah). Pengambilan subjek dilakukan dengan cara menggolongkan siswa berdasarkan hasil angket ARP. Data pada penelitian ini diambil dari jawaban siswa pada soal PISA konten space and shape dan hasil wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini diukur menggunakan triangulasi metode. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa Climber memenuhi ketiga indikator representasi matematis. Siswa Camper juga memenuhi ketiga indikator, namun pada aspek representasi verbal, siswa Camper tidak dapat menjelaskan kembali langkah-langkah penyelesaian secara lisan. Siswa Quitter memenuhi indikator representasi visual (gambar) namun tidak memenuhi representasi simbolik (persamaan atau ekspresi matematis) dan representasi verbal (kata-kata atau teks tertulis). Hal ini mengungkapkan bahwa AQ berpengaruh terhadap representasi matematis siswa. Hasil dalam penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan untuk meningkatkan representasi matematis dan daya juang siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika.

Keywords


Mathematical representation; PISA space and shape; adversity quotient

Full Text:

PDF

References


Amirullah, Mulbar, U., & Djam’an, N. (2019). Deskripsi kesulitan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari adversity quotient. Issues in Mathematics Education, 3(1), 22–29.

Arifin, Z., Kurniasih, N., & Kurniawan, H. (2018). Kemampuan metakognisi siswa climber dalam memecahkan masalah matematika soal PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Artiah, & Untarti, R. (2017). Pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purwokerto. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 3(1).

Cahyono, H. (2018). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan pendekatan saintifik pada materi himpunan ditinjau dari tipe adversity quotient (AQ) Siswa. Aksioma, 9(1).

Darojat, L., & Kartono. (2016). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan AQ dengan learning cycle 7E. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Fuad, Moh. N. (2016). Representasi matematis siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 603–607. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Mahendra, N. R. (2019). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran SAVI. Universitas Negeri Semarang.

Mena, A. B., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2016). Literasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari adversity quotient (AQ). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 187–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6756

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rahmadian, N. M., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Santia, I. (2018). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP berdasarkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 8185.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Turning Obstacles into Opportunities. John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v17i2.47686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats