BALANCED SCORECARD DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN LANJUT

Budi Tiara Novitasari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Balanced Scorecard dalam institusi pendidikan lanjut. Balanced scorecard tidak hanya dikenal sebagai alat pengukur kinerja multidimensional yang menggabungkan aspek keuangan dan keuangan dalam organisasi akan tetapi juga dikenal sebagai sistem stratejik manajemen yang terintegrasi. Berbagai literatur dan penelitian terdahulu telah menganalisa penerapan dan peran balanced scorecard dalam organisasi. Kemampuan balanced scorecard untuk menggabungkan aspek keuangan dan aspek non-keuangan memberikan kesempatan untuk penerapan yang lebih jauh dalam organisasi non-profit, salah satunya adalah institusi pendidikan. Berbeda dengan entitas bisnis lain, penting bagi institusi pendidikan untuk turut memasukkan 3 fungsi utamanya yang meliputi, pengajaran dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat ke dalam pengukuran kinerjanya. Paper ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian terdahulu terhadap penerapan dan pengembangan balanced scorecard dalam institusi pendidikan. Dengan memaparkan bagaimana fungsi institusi pendidikan dapat dipaparkan dalam perspektif balanced scorecard, paper ini diharapkan mampu memberikan gambaran dan acuan bagi penerapan balanced scorecard dalam institusi pendidikan.

Kata kunci: balanced scorecard, kinerja, perguruan tinggi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v8i2.26520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Archive, Citation & Indexing:

   


Creative Commons License
Jurnal Nominal by Jurnal Nominal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.