PENGARUH TRUST DAN PERCEIVED OF RISK TERHADAP NIAT UNTUK BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN E-COMMERCE

Dwi Putra Jati Ariwibowo, , Indonesia
Mahendra Adhi Nugroho, -, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat atau tidaknya pengaruh Trust terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce, (2) terdapat atau tidaknya pengaruh Perceived of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce, dan (3) terdapat atau tidaknya pengaruh Trust dan Perceived of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian asosiatif, yang bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui jumlah sampel yang digunakan sebanyak 137 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Trust terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,534; R2 sebesar 0,228; dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (2) terdapat pengaruh negatif Perceived of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,667; R2 sebesar 0,282 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (3) terdapat pengaruh Trust dan Perceived of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai R2 sebesar 0,413; dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, dan (4) Besarnya SE dan SR pada variabel Trust sebesar  17,8% dan 43,1%; sedangkan pada variabel Perceived of Risk sebesar 23,5% dan 56,9%.

 

Kata Kunci: Trust, Perceived of Risk, Niat untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Archive, Citation & Indexing:

   


Creative Commons License
Jurnal Nominal by Jurnal Nominal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.