Pengembangan media macromedia flash untuk pembelajaran membaca dan menulis bahasa indonesia di SMA

Petrus Hariyanto, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Jalan Mrican Baru, Sleman, 55002, Indonesia
Suwardi Endraswara, Department of Javanese Language Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Macromedia Flash untuk pembelajaran membaca dan menulis Bahasa Indonesia di SMA. Kegiatan ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek uji cobanya siswa kelas X Semester 2 SMA Gama Yogyakarta. Penelitian dilakukan bulan Maret-Juni 2013. Pelaksanaannya melalui 10 tahap, dari analisis kebutuhan hingga uji lapangan. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Data kuantitatif dianalisis dengan statistika deskriptif. Data berupa saran digunakan untuk merevisi produk yang dihasilkan. Hasil penelitian ini berupa media Macromedia Flash yang berkualitas untuk pembelajaran membaca dan menulis Bahasa Indonesia SMA. Produk tersebut mencakup teks, gambar, warna, dan suara; bersifat interaktif. Isinya berupa materi pembelajaran membaca dan menulis Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2, khususnya berkenaan dengan kompetensi merangkum tabel dan menulis paragraf argumentatif berdasarkan tabel. Ketiga pakar media mengategorikan baik. Ketiga pakar pembelajaran mengategorikan sangat baik. Kedua guru mengategorikan baik. Siswa dalam uji coba kelompok besar (lapangan) mengategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa media ini layak dipergunakan dalam pembelajaran di SMA.

Kata Kunci: media Macromedia Flash, pembelajaran membaca dan menulis, Bahasa Indonesia

 

Developing macromedia flash media for learning reading and writing indonesian in senior high scool

 

Abstract

The purpose of this study is to develop Macromedia Flash media as media for learning to read and write Indonesian in senior high school. This is a research and development study. The subjects of the research were grade 10 students in the second semester of SMA Gama Yogyakarta. The research was conducted from March to June 2013. The implementation covered 10 stages, of analysis needs to field testing. Data were collected through questionnaires. Quantitative data was analyzed by applying descriptive statistics. Suggestions data are used to revise the product. The research is as a Macro-media Flash-quality which has a goal for learning to read and write Indonesian in senior high school. The developed product includes media components of text, images, colors, and sounds (music); they are interactive in nature. The content of the product are the materials of learning to read and write Indonesian subject for class X semester II Gama Senior High School Yogyakarta, especially in relation to summarizing tables and writing argumentative paragraph based on table. Three media experts categorize the product as good. Three teaching and learning experts categorize it as very good. Two teachers categorize it good. Students on the testing of a large group (field) to categorize good. It can be concluded that the media is feasible to use in the learning in senior high school.

Keywords: Macromedia Flash media, learning reading and writing, Indonesian

Keywords


Macromedia Flash media; learning reading and writing; Indonesian

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Brown, H. D. (2008). Prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa. Terjemahan dari edisi V oleh Noor Cholis dan Yusi Avianto Pareanom. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika.

BSNP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik: kajian teoretik. Cetakan II. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajri, A.N. (2012). “Ujian nasional sma: nilai siswa jatuh di bidang bahasa Indonesia & matematika”. Diambil pada tanggal 28-11-2013 dari http://www.bisnis. com/articles/ujian-nasional-sma-nilai-siswa-jatuh-di-bidang-bahasa-indonesia-and-matematika

Koran Tempo. (2011). “Kemampuan baca orang Indonesia payah”. Sabtu, 22 Oktober. Diambil pada tanggal 22-10-2013 dari http://www.islamic- bookfair.com/opini-pilihan/263-kemampuan-baca-orang-indonesia-payah.html.

Lampung Post. (2010). “Kemampuan menulis siswa lemah”. Selasa, 27 Juli. Diambil pada tanggal 22-10-2013 dari http://ulunlampung.blogspot.com/2010/07/kemampuan-menulis-siswa-lemah.html.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan: Sebuah panduan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2007). KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan): Dasar pemahaman dan pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaji. (2012). “Pengembangan media pembelajaran: diklat standar alat dan media pembelajaran untuk SMA”. Diambil pada tanggal 13 Juli 2012 dari http://www.tp.ac.id/site/pengembangan-media-pembelajarandiklat-standar-alat-dan-media-pembelajaran-untuk-sma.

Putra, N. (2012). Research & development, penelitian dan pengembangan: suatu pengantar. Cetakan II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rafleckt. (2010). “How media and technology influence learning”. Diambil pada tanggal 22-10-2013 dari http://rafleckt.wordpress.com/2010/04/23/how-media-and-technology-influence-learning/

Republika. (2009). “Kemampuan siswa Indonesia di bawah standar internasional”. Diambil pada tanggal 22-10-2013 dari http://subkioke.wordpress.com/2009/ 11/02/kemampuan-siswaindonesia-di-bawah-standar-internasional/

Richards, J.C., & Schmidt, R. (2010). Longman dictionary of language teaching and applied linguistics. Edisi IV. London: Pearson Education Limited.

Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan.Jakarta: Prenada Media Group.

Suara Merdeka. (2008). “Kemampuan literasi siswa rendah”. Diambil pada tanggal 22-10-2013 dari http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2008/12/23/44613/Kemampuan-Literasi-Siswa-Rendah-

Subkioke. (2012). “Budaya kita, tidak suka membaca dan susah menulis”. Diambil pada tanggal 22-10-2013 dari http://subkioke.wordpress.com/2012/06/11/ budaya-kita-tidak-suka-membaca-

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Cetakan XVI. Bandung: Alfabeta.

Teknologi Pendidikan. (2012). “Media will never influence learning: the theories of richard clark”. Diambil pada tanggal 23-10-2013 dari http://www. tp.ac.id/site/media-will-never-influence-learning-the theories-of-richard-clark.

Wales, J. & Sanger, L. (Eds). (2013a). “Adobe flash”. Diambil pada tanggal 23-10-2013 dari http:// en.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash.

Wales, J. & Sanger, L. (Eds). (2013b). “List of countries by literacy rate”. Diambil pada tanggal 23-10-2013 dari http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_ by_literacy_rate.

Winkel, W.S. (2009). Psikologi pengajaran. Cetakan X. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Petrus Hariyanto, Suwardi Endraswara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats