Penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran membaca untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menemukan gagasan utama

Nur Hamidah, SMP Negeri 1 Piyungan Bantul Jalan Wonosari Km No.14, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Indonesia
Zamzani Zamzani, Department of Indonesian Language and Literature Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menemukan gagasan utama paragraf melalui penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran membaca. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, pada wawancara, pengisian lembar check list, dan uji kompetensi. Setiap pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran membaca dicatat oleh kolaborator dalam sebuah catatan lapangan. Selama tindakan, aktivitas siswa selalu dipantau dan diberi skor sesua kriteria yang ditentukan. Sementara itu, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama paragraf dilakukan uji kompetensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode inkuiri dalam pembelajaran membaca, ada peningkatan aktivitas dan kemampuan menemukan gagasan utama paragraf. Pada pembelajaran sebelum tindakan, aktivitas siswa mempunyai skor rata-rata atau mean 10,81 meningkat menjadi 13,68 pada tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 14,95 pada siklus II. Dilihat dari segi hasil, pembelajaran membaca dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa berupa kemampuan menemukan gagasan utama paragraf. Skor rata-rata uji kompetensi sebelum tindakan 6,04, meningkat menjadi 7,86 pada uji siklus I, dan meningkat lagi menjadi 8,32 pada uji siklus II.

Kata Kunci: aktivitas siswa, gagasan utama paragraf, metode inkuiri.

 

The implementation of inquiry methods in the reading learning to improve the activity and ability on finding the main idea

 

Abstract

This research is action research that aims at increasing the activity and the ability to find the main idea of a paragraph through the implementation of the inquiry methods in the reading learning. Data collected by way of observation, interviews, check list, and competency tests. Each execution of actions in reading learning was recorded by collaborators in a field note. During the action, active students were closely monitored and scored according to the criteria specified. In the meantime, a competency test was given to find out the the students' skills in finding the main idea of the paragraph. The results of this study indicate that there is an improvement in the student’s activity and the ability to find the paragraph main idea. In The learning prior to the action, the student’s activity had an average score of 10.81 and increased to 13.68 in the first cycle of action and increased again to 14.95 in the second cycle. In terms of performance, the inquiry method could improve student’s ability to find the paragraph main idea. The competency average score was 6.04 before the action and increased to 7.86 in the first cycle test, and increased again to 8.32 in the second cycle test.

Keywords: student’s activeness, the paragraph main idea, inquiry method

Keywords


student’s activeness; the paragraph main idea; inquiry method

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Baker, S. (2013). Teaching trough interactions. The Elementary School Journal, volume 113, Number 4, June 2013. University of Chicago Press.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Victoria: Deakin University Production Unit.

Mundilarto. (2012). Keefektifan pendekatan inquiry based learning untuk peningkatan karakter siswa SMA pada pembelajaran fisika. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan. LPPMP-UNY.

Pringgawidagda, S. (2002). Strategi penguasaan berbahasa. Yogyakarta: Adicita.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi pada standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saxe, D. W. (1994). Social studies for elementary teacher. Boston: Allyn&Baccon.

Sofa. (2008). Pendekatan inkuiri dalam mengajar. http://pakde.tbog.com/ 2013/05/14.

Suryaman, M. (2012). Metodologi pembelajaran bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Sutrisno, J. (2008). Pengaruh metode pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran sains terhadap motivasi belajar siswa. (http://Joko.tblog.com/2013/05/10).

Suyatno. (2010). Teknik pembelajaran bahasa dan sastra. Berdasar kurikulum berbasis kompetensi. Surabaya: Penerbit SIC.

Tyner, T. E. (1989). College writing basics (A progressive approach). Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

Unver, A. O. & Arabacioglu, S. (2011). Overviews on inquiry bqsed qnd problem based learning methods. University Institute, Turkey: Journal of Educational Science. http://web.deu.edu.tr/baed.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Nur Hamidah, Zamzani Zamzani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats