Interferensi gramatikal bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada karangan laporan peserta didik SMP

Hanif Triyanto, SMP Negeri 1 Salaman Kabupaten Magelang, Indonesia
Endang Nurhayati, Department of Javanese Language Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk interferensi morfologi bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia, (2) bentuk-bentuk interferensi sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia, dan (3) faktor penyebab terjadinya interferensi morfologi dan sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada hasil karangan menulis laporan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah hasil karangan pada pembelajaran menulis laporan berbahasa Indonesia Objek yang diteliti adalah bentuk-bentuk interferensi morfologi dan sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia beserta faktor-faktor penyebabnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat serta pengisian angket. Data dianalisis menggunakan metode padan intralingual dengan teknik Hubung Banding Membedakan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menemukan bentuk-bentuk interferensi morfologi bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia meliputi proses morfologis dan morfofonemis. Interferensi proses morfologis meliputi afiksasi dan reduplikasi. Interferensi proses morfofonemis berupa peluluhan fonem pada awal kata berprefiks {N-}.Interferensi sintaksis meliputi pola konstruksi frasa, penggunaan preposisi, konjungsi, dan partikel. Faktor penyebab terjadinya interferensi morfo-logi dan sintaksis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia adalah faktor linguistik meliputi penguasaan B1, rendahnya penguasaan B2 dan faktor kedwibahasaan. Faktor nonlinguistik meliputi kebiasaan, lingkungan, sikap bahasa, motivasi, guru, dan evaluasi pembelajaran.

Kata Kunci: interferensi, morfologi, sintaksis, dan faktor penyebab

 

The grammatical interference of Javanese language in Indonesian essay of junior secondary school students’

 

Abstract

This research was aimed to describe (1) Javanese morphological interference forms in Indone-sian language, (2) Javanese syntactic interference forms in Indonesian language, and (3) the factors cousing Javanese morphological and syntactic interference in Indonesian essay. This research is a qualitative descriptive study. The subject of this research were the essay as learning outcomes. The objects of this research were Javanese morphological and syntactic interference forms in Indonesian language and the factors that cause the morphological and syntactic interference. The data were collected by reading and writing techniques and questionnaires. The data were analyzed using the unified intralingual method with Connecting Appeal Differentiating techniques. The validity of the data obtained from a continous observation and peer review. The results of this research find the mor-phological and syntactical interference. The morphological interference includes morphologies and morphophonemic processes. The morphologies interference process includes affixation and reduplica-tion. The morphophonemic interference process was the result of phoneme at the beginning of the word with prefix {N-}. The syntactical interference includes the pattern of phrase constructions, the use of prepositions, conjunctions, and particles. The causes of Javanese morphological and syntactic interference in Indonesian language are linguistic factors including the mastery of L1, low mastery of L2, and bilingualism factors. Nonlinguistic factors include habits, environments, language attitudes, motivations, teachers, and learning evaluations.

Keywords: interference, morphological, syntactic, and causes factors

Keywords


interference; morphological; syntactic; and causes factors

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Alwi, H., et al. (2003). Tata bahasa baku bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, A. (2009a). Psikolinguistik kajian teoritik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Chaer, A. (2009b). Sintaksis bahasa Indonesia pendekatan proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2011). Strategi pembelajaran bahasa.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mahsun. (2011). Metode penelitian bahasa: Tahapan strategi metode, dan tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muslich, M. (2010). Tata bentuk bahasa Indonesia kajian ke arah tata bahasa deskriptif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ramlan, M. (2009). Morfologi: Suatu tinjauan deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Setyawati, N.(2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: teori dan praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suryaman, M. (2012). Metodologi pembelajaran bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Watcharapunyawong, S. & Usaha, S. (2012). Thai EFL students’ writing errors in different text types: The interference of the first language. Diambil pada tanggal 17 November 2013, dari http://dx.doi.org/10.5539/elt.v6n1p67.

Wedhawati et al. (2010). Tata bahasa Jawa mutakhir (edisi revisi). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Hanif Triyanto, Endang Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats