GANGGUAN KOMUNIKATIF DALAM TUTURAN LISAN ANAK AUTIS

Endang Sumarti, IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gangguan komunikatif dalam tuturan lisan anak autis. Data penelitian berupa rekaman dialog tuturan anak autis di Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik perekaman dan pengamatan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, ekolalia merupakan bentuk pengulangan kata, frasa, atau kalimat dalam tuturan dari orang lain. Kedua, abnormalitas pengucapan meliputi ketidaknormalan dalam proses, cara, dan perbuatan mengucapkan. Suara anak autis cenderung tersendat-sendat, dengan volume yang rendah, dan menunjukkan pola intonasi yang “aneh”. Ketiga, gangguan produksi bahasa yaitu kesulitan dalam menghasilkan kata-kata dari sistem simpanan auditorisnya untuk menyampaikan keinginannya.

Kata kunci: gangguan komunikatif, tuturan lisan, anak autis

 

COMMUNICATIVE DISORDERS IN ORAL SPEECH OF AUTISTIC CHILDREN

Abstract

This study aims to describe communicative disorders in oral speech of autistic children. The research data were in the form of the recording of dialogues of autistic children in Malang. The data collection used recording and observation techniques. The results of the study are as follows. First, ecolalia is a form of repetition of words, phrases, or sentences in others’ speech. Second, abnormalities of pronunciation include abnormalities in the process, manner, and act of utterance. The voice of an autistic child tends to be halting with a low volume, and shows a “strange” intonation pattern. Third, the language production disorder is the difficulty in generating the words from the auditory deposit system to express ideas.

Keywords: communicative disorders, oral speech, autistic children


Full Text:

PDF

References


Cummings, L. 2009. Clinical Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Handojo. 2004. Autisma: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: Buana Ilmu Populer.

Maulana, M. 2007. Anak Autis: Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Jogja-karta: Katahati.

Peeters, T. 2004. Autisme: Hubungan Penge-tahuan Teoritis dan Intervensi Pendidikan Bagi Penyandang Autis. Jakarta: Dian Rakyat.

Prasetyono, D. S. 2008. Serba Serbi Anak Autisn (Autisme dan Gangguan Psikolo-gis Lainnya: mengenal, menangani, dan Mengatasinya dengan Tepat dan Baik). Jogjakarta: DIVA Press.

Puspita, D. 2008. Warna-warni Kehidupan: Ketika Anak Autis Berkembang Remaja. Jakarta: Yayasan Autisme Indonesia.

Saraswati. 2004. Meniti Pelangi: Perjuangan Seorang Ibu Yang Tak Kenal Menyerah dalam Membimbing Putranya Keluar dari Belenggu ADHD dan Autisme. Jakarta: Gramedia.

Woolfolk, E. C.& Lynch, J. I. 1982. An Integrative Approach to Language Dis-order in Children. New York: Grune & Stratton, Inc.

Yuwono, J. 2009. Memahami Anak Autistik: Kajian Teori dan Empirik. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v16i2.17454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                                 

 

__________________________________________________________________________________________________

 

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter