Aplikasi Sistem Kontinyu Menggunakan Karbon Aktif untuk Penurunan Kadar Logam Cu dan Zn dalam Air Limbah

Susila Kristianingrum, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sulistyani Sulistyani, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Annisa Fillaeli, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endang Dwi Siswani, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Hasna Nafiisah, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi massa adsorben dan laju alir yang paling optimum, efisiensi penjerapan (Ep), kapasitas adsorpsi paling tinggi, serta tipe adsorpsi dari karbon aktif teraktivasi ZnCl2 terhadap penyerapan logam Cu dan Zn dalam limbah simulasi menggunakan sistem kolom kontinyu. Metode adsorpsi logam Cu dan Zn dilakukan secara kontinyu dengan menggunakan kolom. Limbah simulasi dialirkan secara gravitasi dari atas ke bawah melalui kolom yang telah diisi adsorben. Subjek dalam penelitian ini adalah karbon aktif dari daun pandan laut teraktivasi ZnCl2 5%. Sementara objek pada penelitian ini adalah efisiensi adsorpsi, kapasitas adsorpsi, dan tipe adsorpsi dari adsorben daun pandan laut teraktivasi ZnCl2 5% terhadap logam Cu dan Zn. Analisis kandungan logam Cumenggunakan Spektrofotometer UV-Visible dan logam Znmenggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa massa adsorben optimum untuk penurunan kadar logam Cu dan Znberturut-turut adalah 0,7 gram dan 0,9 gram dengan laju alir optimum sebesar 0,3 mL/menit dan 0,2 mL/menit, maka akan dihasilkan efisiensi adsorpsi terbesar untuk logam Cuyaitu 96,6854% dan 38,6576% untuk logam Zn. Kapasitas adsorpsi tertinggi karbon aktif dari daun pandan laut teraktivasi ZnCl2 terhadap penyerapan logam Cu dan Zn berturut-turut sebesar 48,8149 mg/g dan 16,3567 mg/g. Tipe adsorpsi logam Cu memenuhi pola isoterm Langmuir.

Keywords


karbon aktif; Pandanus tectorius; kolom; efisiensi adsorpsi

Full Text:

PDF

References


Angraini, R., Wahyuni, N., dan Gusrizal. (2015). Adsorpsi fenol oleh kombinasi adsorben zeolit dan karbon aktif dengan metode. JKK. Vol (4) 1, hal 21-25.

Amri, M., & Herlianty, S. (2005). Penentuan Daya Jerap Karbon Aktif dari Pelepah Sawit Terhadap Ion Fe (III). Journal Fakultas Tehnik UNRI Vol. (iii), 1–8.

Bansal, R. C. dan Goyal M. (2015). Activated Carbon Adsorption. CRC Press Boca Raton.

Chen, C., Zhao, P., Li, Z., & Tong, Z. (2016). Adsorption behavior of chromium (VI) on activated carbon from eucalyptus sawdust prepared by microwave-assisted activation with ZnCl2. Desalination and Water Treatment, 57(27), 12572–12584.

Arie, A. A.; Kristianto H.; Suharto I.; Halim M. dan Lee J. K. (2014). Preparation of Orange Peel Based Activated Carbons as cathodes in Lithium Ion Capacitors. Advanced Materials Research, 896, 95-99.

Sukarna, I Made. (2014). Kimia Analitik. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Mengistie, A. A., Rao, S., rao P., and Singanan, M. (2008). Removal of Lead (II) from Aqueous Solution Using Activated Carbon from Mitilia Ferruginea Plant Leaves. Bulletin of the Chemical Society of Ethiopia, Vol. 22, No. 3, pp. 349-360.

Abdurrahman. (2004). Pengantar Hukum Lingkungan Indonesia. Bandung: Alumni.

Barros, J.L.M., Maedo G.R., Duarte M.M.L., Silva E.P and Lobato. (2003). Biosorption Cadmium Using The Fungus Asprgillus niger. Brazilian Journal of Chemical Engineering Vol 20: 1-17.

Parwanti. (2019). Aplikasi Karbon Aktif dari Daun Pandan Laut Teraktivasi ZnCl2 untuk Penurunan Kadar Fenol Dalam Limbah Batik. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Igwe, J.C., Ogunewe, D.N., Abia, A.A. (2005). Competitive Adsorption of Zn(II),Cd(II) and Pb(II) Ions from Aqueous andNon-Aqueous Solution by Maize Cob andHusk. African Journal of Biotechnology.Vol. 4, No. 10, (10), pp. 1113-1116.

Syukri. (1999). Kimia Dasar Jilid I. Bandung: Institut Teknologi Bandung (ITB).

Komari, N., Baroroh, U., Utami, L., & Malinda, N. (2012). Adsorpsi Pb2+ dan Zn2+ pada Biomassa Imperata cylindrical. Journal Valensi2(5).




DOI: https://doi.org/10.21831/jsd.v9i2.38965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Susila Kristianingrum, Sulistyani, Annisa Fillaeli dan Endang Dwi Siswani, Nur Hasna Nafiisah


Printed ISSN (p-ISSN): 2085-9872
Online ISSN (e-ISSN): 2443-1273

Indexer:
     

Creative Commons License
 
Jurnal Sains Dasar  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Free counters!
 
View My Stats