Program Linear Bilangan Fuzzy Segitiga pada Studi Kasus Optimasi Produksi Roti “KG Bakery”

Yan Isnaeni Almatsya, Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Karyati Karyati, Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas proses penyelesaian program linear fuzzy (PLF) dengan koefisien-koefisien dan variabel-variabel keputusan berupa bilangan fuzzy segitiga dan aplikasinya pada masalah optimasi keuntungan “KG Bakery” untuk menentukan banyaknya proses produksi roti Kombinasi cake, Sifon, Onbekuk, dan Brownies agar diperoleh keuntungan yang maksimal. PLF dengan koefisien-koefisien dan variabel-variabel keputusan berupa bilangan fuzzy diselesaikan dengan dengan operasi aritmatika dan definisi-definisi bilangan fuzzy segitiga. Operasi aritmatika dan definisi-definisi bilangan fuzzy segitiga dapat digunakan untuk mengubah masalah PLF menjadi program linear pada kendala utama, fungsi tujuan, dan kendala tidak negatif. Selanjutnya, data-data fuzzy yang telah menjadi data tegas diselesaikan dengan menggunakan metode simpleks. Hasil perhitungan dari aplikasi pada masalah optimasi keuntungan “KG Bakery” diperoleh jika roti Kombinasi cake diproduksi sebanyak 11.226 kali, roti Sifon diproduksi sebanyak 6.031 kali, roti Onbekuk dan roti Brownies diproduksi sebanyak 0 kali atau tidak melakukan produksi untuk roti Onbekuk dan Brownies. Keuntungan optimal yang diperoleh setiap hari adalah sebesar Rp 1.965.060,-.


Keywords


program linear fuzzy, bilangan fuzzy segitiga, ranking function

Full Text:

PDF

References


Abdy, Muhammad. (2018). Penggunaan Bilangan Fuzzy Segitiga pada Perbandingan Kemampua Proses. Jurnal Matematika, Statistika & Komputasi,14, 137-142.

Klir, George J. & Bo, Yuan. (1995). FuzzyLogic – Theory & Applications. New Jersey: Prentice Hall P T R.

Klir, George J., Clair, Ute St., & Yuan, Bo. (1997). Fuzzy Set Theory Foundations and applications. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kumar, Amit., Kaur, Jagdeep., & Singh, Pushpinder. (2011). A New Method for Solving Fully Fuzzy Linear Programming. Applied Mathematical Modelling,35,817-823.

Suryani, I. A., Linawati, L., Parhusip, A. H. (2013). Fuzzy Linear Programming dengan Fungsi Keanggotaan Kurva-S untuk Penilaian Kinerja Karyawan. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII UKSW tanggal 15 Juni.

Syaifuddin, Dedy T. (2011). Riset Operasi (Aplikasi Quantitative Analysis for Management). Malang: CV Citra Malang.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsd.v7i2.26915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yan Isnaeni Almatsya


Printed ISSN (p-ISSN): 2085-9872
Online ISSN (e-ISSN): 2443-1273

Indexer:
     

Creative Commons License
 
Jurnal Sains Dasar  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Free counters!
 
View My Stats