Pengaruh strategi REACT ditinjau dari gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar dan apresiasi siswa terhadap matematika

Inggrid Marlissa, Universitas Musamus Merauke, Indonesia
Djamilah Bondan Widjajanti, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apre-siasi siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Ambon yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika, soal tes prestasi belajar matematika, dan angket apresiasi siswa terhadap matematika. Untuk melihat pengaruh strategi REACT dan gaya kognitif terhadap ketiga variabel dependen secara simultan, data dianalisis menggunakan uji statistik Analisis Varians Multivariat Dua Jalur (Two Way MANOVA), sedangkan untuk menganalisis masing-masing gaya kognitif terhadap ketiga variabel dependen secara simultan, digunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian pada taraf signi-fikan 5%, menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika pada siswa SMA Negeri 10 Ambon. Berdasarkan analisis yang dilakukan, siswa dengan gaya kognitif field inde-pendent lebih baik dari siswa dengan gaya kognitif field dependent ditinjau dari kemampuan pemecah-an masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika.

Kata kunci: strategi REACT, gaya kognitif, kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika.

 

The Effect of React Strategy in Terms Of Cognitive Style on the Problem Solving Skills, Learning Achievement, and Mathematical Appreciation of Students

 

Abstract

The purpose of this study was to describe the effect of learning strategies and cognitive style on mathematical problem solving skills, mathematics learning achievement, and mathematical apprecia-tion of students. This study was a quasi-experimental research whose population consisted of all 10th graders in State Senior High School 10 of Ambon. The data collecting techniques were a test and non-test whereas the instrument used to the collect the data consisted of mathematical problem solving test, mathematics learning achievement test, and a questionnaire for mathematical appreciation of students. To test the effect of treatment on all of the dependent variables simultaneously, the data were analyzed using Two-Way MANOVA, while to analyze each cognitive style on all of the dependent variables simultaneously, the data were analyzed using Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). The results of the study, using significance level 5%, showed that the REACT strategy has an effect on student’s mathematical problem solving skills, mathematics learning achievement, and mathematical appreciation of students in State Senior High School 10 of Ambon. In the other words, the students with field independent cognitive style are better than those of the field dependent in terms of mathematical problem solving, mathematics learning achievement, and mathematical appreciation of students.

Keywords: REACT strategy, cognitive style, mathematical problem solving skill, mathematics learning achievement, and mathematical appreciation of students.

Keywords


strategi REACT; gaya kognitif; kemampuan pemecahan masalah matematika; prestasi belajar matematika; dan apresiasi siswa terhadap matematika

Full Text:

PDF

References


CORD. (1999). Teaching mathematics contextually. Texas: CORD Communications, Inc.

Crawford, M.L. (2001). Teaching contextually. Texas: CCI Publishing, Inc.

De Walle, J.A.V. & Lovin, L.H. (2006). Teaching student-centered mathematics grades 3-5. Boston: Pearson Education,Inc.

Hadi, S (2005). Pendidikan matematika realistic dan implementasinya. Banjarmasin: Tulip

Ismail, Z., Kasmin, M K., & Alias, N. (Nov-Des 2005). The mathematics carnival: a platform to appreciate mathematics. Makalah disajikan dalam seminar Reform, Revolution, and Paradigm Shifts in Mathematics Education, di Johor Bahru Malaysia.

Jarrett, J. I. (1991). The teaching of values caring and appreciation. Routledge: Chapman and Hall, Inc.

Johnson, R.A & Wichern, D.W. (2007). Applied multivariate statistical analysis (6th ed). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Keefe, J.W. (1987). Learning style theory and practice. Virginia: NASSP Association driven.

Kennedy, M.L., Tipps, S., & Johnson, A. (2008). Guilding children’s learning of mathematics (11thed). Belmont: Thomson Wadsworth.

Madar, A.R., & Hashim, M.N. (2011). Effectiveness of using graphic animation courseware for students with different cognitive styles and spatial visual abilities. Journal of Technical Education and Training, 47-58.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Noer, S.H. (2009). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, Yogyakarta.

Rajagukguk, W. (2011). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan teori belajar bruner pada pokok bahasan trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan T.A 2009/2010 [Versi elektronik]. Jurnal Visi, 19(1), 427-442.

Presiden RI. (2006). Peraturan Pemerintah RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi.

Presiden RI. (2013). Peraturan Pemerintah RI Nomor 64, Tahun 2013, tentang Standar Isi.

Siahaan, F.B., Saragih, S., Siagian, P. (2012). Pengaruh strategi REACT dan sikap siswa terhadap matematika dalam peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa SMA [Versi elektronik. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 118-215.

Suherman Ar, H.E., Turmudi., Didi Suryadi., et al. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Wardhani, Sri., et al. (2010). Pembelajaran kemampuan penyelesaian masalah matematika di SMP. Yogyakarta: PPPPTK.

Witkin, H.A., Moore, C.A., Goodenough, D.R., et al. (1977). Field-dependent and field-independent cognitive styles and their educational implications. Diambil pada tanggal 30 September 2013, dari http://www.jstor.org/stable/1169967




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Riset Pendidikan Matematika



Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:

 

  


Creative Commons License
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503

View My Stats