Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar matematika

Endar Chrisdiyanto, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Syukrul Hamdi, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan problem based learning (PBL) dan  problem solving (PS) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa SMP di Gantiwarno dan sampel penelitian kelas VIIIC dan VIIID. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, angket kemandirian belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Validitas isi dilakukan dengan v aiken diperoleh nilai v hitung pretest sebesar 0,97 dan v hitung posttest sebesar 0,99 lebih besar dari v tabel. Estimasi reliabilitas dengan alpha croncbach diperoleh hasil estimasi nilai reliabitas pretest sebesar 0,861, posttest sebesar 0,832, dan angket sebesar 0,90. Hasil reliabilitas alpha croncbach ini > 0,70 maka reliabilitas terpenuhi. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa pendekatan PBL lebih efektif dibandingkan pendekatan PS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa SMP.

Keywords


PBL, PS, kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Arend, B. (2009). Encouraging critical thinking in online threaded discussions. International Review of Research in Open and Distance Learning, 10(1), 1–23. https://doi.org/10.19173/irrodl.v10i1.589

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106–115. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10392/9331

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas problem based learning-problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2019). Efektivitas model pembelajaran problem-based learning (PBL) dan guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30–36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853

Badarudin, Muslim, A., & Sadeli, E. H. (2022). Model problem based learning berbasis literasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 154–163. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13359

Bag, H. K., & Gursoy, E. (2021). The effect of critical thinking embedded english course design to the improvement of critical thinking skills of secondary. Thinking Skills and Creativity, 41(100910). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100910

Creswell, J. W. (2013). Educational research (fourth). Boston: Peasron Education, Inc.

Darhim, Prabawanto, S., & Susilo, B. E. (2020). The effect of problem-based learning and mathematical problem posing in improving student’s critical thinking skills. International Journal of Instruction, 13(4), 103–116. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1347a

Dharma, A. (2016). Pendidikan guru penggerak (K. Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan (ed.); hal. 1–23).

Eggen, & Kauchak. (2012). Strategie and models for teachers: Teaching content and thinking skills sixth edition. Peasron Education, Inc.

Evendi, E., Al Kusaeri, A. K., Pardi, M. H. H., Sucipto, L., Bayani, F., & Prayogi, S. (2022). Assessing students’ critical thinking skills viewed from cognitive style: Study on implementation of problem-based e-learning model in mathematics courses. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(7). https://doi.org/10.29333/ejmste/12161

Evi, T., Indarini, E., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2021). Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385–395.

Febriana, T., & Indarini, E. (2020). Komparasi pembelajaran problem based learning (PBL) dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1016–1020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.494

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300

Ismail, N. S., Harun, J., Aman, M., Megat, Z., & Salleh, S. (2018). The effect of mobile problem-based learning application DicScience PBL on students’ critical thinking. Thinking Skills and Creativity, 28, 177–195. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.04.002

Kemendikbudristek. (2021). Bahan ajar Profil Pelajar Pancasila (hal. 5). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas problem-based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 118–129. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.26985

Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: A learning model to develop critical thinking skills for students with different academic abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417–434. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12227a

Mendikbudristek. (2022). No 07 Tahun 2022 ttg Standar Isi PAUD, SD, SMP. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 1–10.

Ning, W., Kumalaretna, D., & Harapan, S. M. K. T. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205.

Ode, W., Andriani, L., & Buton, U. M. (2021). Studi komparatif model problem solving dengan model teams games tournament ( TGT ) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Rasyid, A. (2019). Pengaruh kompetensi guru dan self directed learning terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih pada siswa kelas VIII MTS N 17 Jakarta tahun pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 89–99.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. In Prenada Media (Nomor).

Schleicher. (2019). Insights and Interpretations. OECD, 3–62.

Tusitadevi, R. S., & Astuti, S. (2021). Meta analisis efektivitas model pembelajaran problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V. Inventa, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3528




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.65754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:

 

  


Creative Commons License
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503

View My Stats