Profil kompetensi dunia kerja bidang perbaikan bodi otomotif dan tingkat relevansinya dengan dunia pendidikan

Afri Yudantoko, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Zainal Arifin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang: (1) profil kompetensi DU/DI bidang perbaikan bodi otomotif, (2) profil kompetensi TPBO pada SMK di Kabupaten Bantul, dan (3) tingkat relevansi antara profil kompetensi DU/DI bidang perbaikan bodi otomotif dengan profil kompetensi TPBO pada SMK di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif sebagai bahan memperkuat data dalam bab pembahasan dengan metode penelitian survei. Penelitian ini melibatkan 42 responden dari DU/DI bidang perbaikan bodi otomotif, 7 guru, dan 29 siswa SMK TPBO di Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat 147 butir kompetensi dalam profil kompetensi DU/DI bidang perbaikan bodi otomotif, (2) terdapat 85 butir kompetensi yang terdapat dalam dokumen KTSP SMK TPBO di Kabupaten Bantul dan 103 butir kompetensi yang menjadi profil kompetensi kerja yang diimplementasikan dalam pembelajaran pada SMK TPBO di Kabupaten Bantul, dan (3) tingkat relevansi antara profil kompetensi DU/DI bidang perbaikan bodi otomotif dengan profil kompetensi dokumen KTSP SMK TPBO di Kabupaten Bantul menunjukkan angka 27,211% (tidak relevan). Sedangkan tingkat relevansi dengan profil kompetensi kerja yang diimplementasikan dalam pembelajaran pada SMK TPBO di Kabupaten Bantul menunjukkan angka 70,068% (relevan).
Kata kunci: profil kompetensi dunia kerja bidang perbaikan bodi otomotif, profil kompetensi TPBO pada SMK, Relevansi.

THE COMPETENCY PROFILE OF THE WORLD OF WORK OF AUTOMOTIVE BODY REPAIR SECTOR AND ITS LEVEL OF RELEVANCE TO THE EDUCATION WORLD
Abstract
This study aimed to get information about: (1) the competency profile of Business World/ Industrial World (BW/IW) of automotive body repair sector, (2) the competency profile of TPBO SMK in Bantul, and (3) the level of relevance between the competency profile of BW/IW automotive body repair sector and the competency profile of TPBO SMK in Bantul. This research was descriptive comparative using the quantitative research approach accompanied by qualitative data as supporting data in the discussion chapter with the survey method. This research involved 42 respondents from BW/IW automotive body repair sector, 7 teachers, and 29 students from TPBO SMK in Bantul. The results showed: (1) there were 147 items of competency in the competency profile of BW/IW automotive body repair sector, (2) there were 85 items of competency contained in the curriculum of TPBO SMK in Bantul and 103 items of competency in the work competency profile implemented in teaching processes at TPBO SMK in Bantul, and (3) the level of relevance between the competency profile of BW/IW automotive body repair sector and the competency profile of the curriculum of TPBO SMK in Bantul was 27.211% (irrelevant). The level of relevance with the work competency profile implemented in teaching processes at TPBO SMK in Bantul was 70.068% (relevant).
Keywords: competency profile of world of work of automotive body repair sector, competency profile of TPBO SMK, and relevance

Keywords


competency profiles of work world automotive body repair sector; competency profiles of TPBO SMK; relevance

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangun- an nasional. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.

ASEAN. (2008). ASEAN economic commu- nity blueprint. Jakarta: ASEAN Sekretariat.

Azwar, S. (2015). Skala psikologi. Yogya- karta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Pembinaan SMK. (2014). Data pokok SMK. Diambil pada tanggal 19 Mei 2015 dari http://datapokok.ditpsmk.net/.

Glass, G. V. & Hopkins, K. D. (1996). Statistical methods in education and psychology. United State of America: Allyn & Bacon.

Isjoni. (2008). Memajukan bangsa dengan pendidikan. Yogayakarta: Pustaka Pelajar.

Jatmoko, D. (2013). Relevansi kurikulum SMK kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan terhadap kebutuhab dunia industri di kabupaten sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (1). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/ar ticle/view/1572

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (2014). Penganggur terbuka menurut keterampilan dan kategori. Diambil pada tanggal 19 Mei 2015 dari http://pusdatinaker.balitfo.depnakertran s.go.id/kuprovinsi/prop62E5rptsmry.php?pageno=&grpperpage=ALL

Palmieri, P. (2004). The Australian Flexible Learning Framework. Dalam Louise Moran & Greville Rumble. (Eds). Vocational education and training through open and distance learning (pp.84-98). London: Routledge Falmer.

Priyatama, A., & Sukardi, S. (2013). Profil kompetensi siswa SMK kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di kota pekalongan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/ar ticle/view/1593

Prosser, C.A. & Quigley, T.H. (1950). Vocational education in a democracy. Great Britain: American Technical Society.

Simamora, I. G. (2009). Relevansi kompetensi siswa SMK Negeri program keahlian teknik mekanik otomotif dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri otomotif di Kota Medan. Tesis ma- gister, tidak diterbitkan. Universitas Sumatera Utara.

Sudira, P. (2012). Filosofi dan teori pendidikan vokasi dan kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

United Nations Development Programme. (2014). Human Development Report 2014. New York: United Nations Development Programme.

Wagiran. (2013). Metodologi penelitian pen- didikan (teori dan implementasi). Yogyakarta: Deepublish.

Wangke, H. (2014). Peluang indonesia dalam masyarakat ekonomi ASEAN 2015. Jakarta: Pusat Pengkajian, Pengolahan Data, dan Informasi (P3DI) Setjen DPR RI.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.8334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats