Faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa smp masuk SMK di Kota Pontianak

Winna Dharmayanti, IKIP PGRI Pontianak
Sudji Munadi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) minat siswa SMP masuk SMK di Kota Pontianak; (2) pengaruh pemahaman diri terhadap minat siswa SMP masuk SMK di Kota Pontianak; (3) pengaruh lingkungan terhadap minat siswa SMP masuk SMK di Kota Pontianak; (4) pengaruh citra SMK terhadap minat siswa SMP masuk SMK di Kota Pontianak; dan(5) pengaruh pemahaman diri, lingkungan dan citra SMK yang memengaruhi terhadap minat siswa SMP masuk SMK di Kota Pontianak secara bersama-sama. Jenis Penelitian ini adalah ex-post facto.Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP di Kota Pontianak yang berjumlah 8000 orang. Penentuan ukuran sampel menggunakan table Issac& Michael. Daritable yang disediakan dengan taraf kesalahan5%,diperoleh sampel sebesar350 orang. Pengambilan sampel dengan teknik clauster random sampling,pengumpulan datamenggunakan angket. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan data masing – masing variabel dan analisis regresi yang digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) minat siswa SMP masuk SMK terdapat kategori baik dengan rata-rata skor 41,79; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman diri terhadap minat siswa SMP masuk SMK di Kota Pontianak dengan nilai r=0,743; p= 0,000; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan terhadap minat siswa SMP masuk SMK di Kota Pontianak dengan nilai r=0,527; p=0,000; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara citra SMK terhadap minat siswa masuk SMK dengan nilai r= 0,678; p= 0,000; dan (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman diri, lingkungan, dan citra SMK secara bersama-sama terhadap minat siswa SMP masuk SMK di Kota Pontianak. Prediksi perubahan Y ditunjukan oleh persamaan garis regresi Y = -8,735 + 0,749 X1 + 0,126 X2 + 0,453 X3.

 

FACTORS AFFECTING JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ INTEREST IN STUDYING AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN PONTIANAK CITY

Abstract

This study aims to investigate: (1) junior high school (JHS) students’ interest in studying at vocational high schools (VHSs) in Pontianak City, (2) the effect of self-understanding on JHS students’ interest in studying at VHSs in Pontianak City, (3) the effect of the environment on JHS students’ interest in studying at VHSs in Pontianak City, (4) the effect of the VHS image on JHS students’ interest in studying at VHSs in Pontianak City, (5) the effects of the self-understanding, environment, and VHS image as an aggregate on JHS students’ interest in studying at VHSs in Pontianak City. This was an ex post facto study. The research population comprised all Grade IX students of JHSs in Pontianak City with a total of 8000 students. The sample size was determined by the Isaac & Michael table. According to the table with an error of 5%, the sample consisted of 350 students. The sample was selected by means of the cluster random sampling technique and the data were collected through


Full Text:

PDF | 405-419

References


BTKP DIY. (16 Agustus 2012). Konsultan sosialisasikan hasil penilaian peman-faatan program ICT EQEP. Diakses pada tanggal 26 Juli 2013, dari situs web BTKP DIY.

Bodnar, George H., & Hopwood, William S. (2012). Accounting information systems. New Jersey: Prentice Hall.

Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendi-dikan dan Kebudayaan RI tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pen-didikan dan Kebudayaan RI tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dikpora DIY. (10 Oktober 2012). Hasil pe-nilaian ki hajar awards tingkat provinsi DIY tahun 2012. Diases pada tanggal 20 Juli 2013, dari situs web Dikpora DIY.

Dikpora DIY. (27 November 2012). DIYbo-rong penghargaan di festival pendidikan ki hajar 2012. Diakses pada tanggal 20 Juli 2013, dari situs web Dikpora DIY.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: an introduction to theory and research. Massachusetts: Addison-Wesley.

Goodhue, Dale L., & Thompson, Ronald L. (1995). Task-technology fit and individual performance. MIS Quarterly, Vol. 19, No. 2, pp. 213-236.

Imam Ghozali. (2011). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irma Salamah. (2012). Utilization of it and the effect on individual performance oof lecturers at state polytechnic Sriwijaya. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura Volume 15, No. 1 (pp. 31-46)

Jogiyanto HM. (2008). Sistem informasi ke-perilakuan (edisi revisi.). Yogyakarta: Andi Offset.

Lin, L. R. (1988). Educational measurement. New York: Macmillan.

Republika. (14 November 2013). Pemkot Yo-gya peroleh Ki Hajar Award 2013. Diak-ses Pada 10 Februari 2014, dari situs web Republika.

Sidiknas. (26 Desember 2012). Keberhasilan Kurikulum 2013. Diakses pada tanggal 20 Juli 2013, dari situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Thompson, R. L., Higgins, C. A., & Howell, J. M. (1991). Personal computing: toward a conceptual model of utilization. MIS Quarterly, Vol. 15, No. 1, pp. 125-143.

Triandis, H.C. (1980). Values, attitudes, and interpersonal behavior. In H. E. Howe & M. M. Page (Eds.), Nebraska Symposium on Motivation 1979, pp. 195-259.

Wagiran. (2013). Metodologi penelitian pendi-dikan: teori dan implementasi. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats