Evaluasi program SMK kelas jauh di Pondok Pesantren Darul Qur’an Kabupaten Gunungkidul

Hermawan Prono, MAN Wonosari Yogyakarta
Soenarto Soenarto, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan dukungan lingkungan terhadap program kelas jarak jauh SMK yang diselenggarakan dipondok pesantren Darul Qur’an Kabupaten Gunung Kidul, 2) mendeskripsikan input program kelas jarak jauh SMK jika ditinjau dari pendidik serta dukungan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh pondok pesantren Darul Qur’an Kabupaten Gunung Kidul, 3) mendeskripsikan proses pembelajaran kelas jauh SMK yang diselenggarakan oleh pondok pesantren Darul Qur’an Kabupaten Gunung Kidul, dan 4) mengetahui keberhasilan program pembelajaran kelas jauh jika dilihat dari segi manfaat yang di dapat oleh peserta didik, ketrampilan peserta didik serta persentase lulusan dari tahun ke tahun yang diselenggrakan oleh pondok pesantren Darul Qur’an di Kabupaten Gunung Kidul.Penelitian ini merupkan jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP. Subjek penelitian ini adalah 1 kyai, 1 kepala sekolah, 3 wali murid, 20 orang guru dan 59 siswa kelas 1 dan kelas 2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, observasi dan wawancara. Angket divalidasi dengan validitas konstrak (constract validity). Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif dengan menggunakan bantuam SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) mendapatkan respon sangat baik dari masyarakat karena dapat membantu masyarakat bagi ekonomi lemah untuk menyekolahkannya ke jenjang sekolah yang tinggi, 2) rekruitmen tenaga pendidik yang sangat mengedepankan kompetensi kualitas dan kapabilitas hal ini dapat dilihat dari kemampuan pendidik, yaitu pemahaman pendidik mengenai konsep pembelajaran dalam penyusunan rencana pembelajaran dengan hasil 70% dengan kategori sangat baik dan aspek pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan hasil 75% dengan kategori sangat baik. Secara umum sarana dan prasarana yang ada di SMK Darul Qur’an sudah sangat memadai untuk menunjang lancarnya proses pembelajaran, 3) secara keseluruhan kegiatan pembelajaran di SMK sudah berjalan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari pendidik dan peserta didik. Dari pendidik penerapan strategi pembelajaran oleh pendidik sudah sangat baik dengan hasil 70%, penggunaan media juga sangat baik dengan hasil 90% dan penyampaian materipun sangat baik dengan hasil 90%. Evaluasi kegiatan pembelajaran meliputi prosedur penilaian juga sangat baik dengan hasil 90% dan menerapkan prinsip penilaian juga sudah sangat baik dengan hasil 90%. Sedangkan dari peserta didik kegiatan pelakasanaan pembelajaran sangat baik dengan hasil 78% dan pengayaan juga sangat baik dengan hasil 78%, 4) keberhasilan pelaksanaan program sudah berjalan sangat baik hal ini dapat dilihat dari peserta didik dalam hasil belajarnya. Dalam muatan lokal mampu membaca menulis Al-Qur’an, hafal Al-Qur’an Bahasa Arab. Pendidikan life skill mampu merakit komputer, instal berdakwah dengan baik. Prestasi akademik maupun muatan lokal menjuari tingkat kecamatan, kabupaten dan propinsi. Tingkat kelulusan peserta didik setiap tahun mencapai 100%.

 

LONG CLASS PROGRAM EVALUATION SMK PESANTREN DARUL QURAN IN DISTRIC GUNUNGKIDUL

Abstract

This study is aimed: 1) describe the environment to support classroom programs remotely hosted dipondok SMK Darul Quran Gunung Kidul, 2) describe the program input distance vocational classes when viewed from educators and support infrastructure boarding school owned by Darul Quran Gunung Kidul, 3) describe the process of classroom learning program organized by the far SMK Darul Quran Islamic boarding Gunung Kidul, and 4) determine the success of classroom learning much when viewed in terms of benefits in the can by the learner, the skills of learners and the percentage of graduates from year to year boarding school diselenggrakan by Darul Quran in Gunung Kidul. This was the type of research study evaluating the CIPP model. The subjects were clerics, principals, parents, 20 teachers and 59 students of class 1 and class 2. The data was collected by using questionnaires, observations and interviews. Validated questionnaire with construct validity (constract validity). Furthermore, the data were analyzed with product moment correlation technique. The results of the study show that: 1) get a very good response from the public because it can help for low-income people to send him to the high school level, 2) recruitment of educators who is promoting competence and capability of this quality can be seen from the ability of educators, namely understanding educators about the learning concepts in the preparation of lesson plans at 70% with very good categories and aspects of management of learning activities with results of 75% with a very good category. In general, the existing infrastructure at SMK Darul Quran is very adequate to support the smooth process of learning, 3) overall learning activities at SMK has been running very well, it can be seen from the educators and learners. From the application of instructional strategies educators by educators has been very good at 70%, the use of media is also very good with 90% and delivering results materipun very well with results of 90%. Evaluation of learning activities include the assessment procedure is also very good with the results of 90% and apply the principles of assessment has also been very good with 90% results. While exercising the activities of learners learning very well with the results of 78% and enrichment are also very well with the results of 78%, 4) the successful implementation of the program seen students with graduation rates of students every year who reach 100% and ratings are not out of the SMK half of all vocational schools in the district Gunungkidul, the interactions between learners are able to speak English and Arabic in addition to the achievement of students in various fields. Overall course grade vocational boarding school deep in Darul Quran has been going well.


Full Text:

PDF | 16-27

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dikmenjur. (2005). Petunjuk pelaksanaan pendidikan menengah kejuruan program imbal swadaya smk kelas jauh di pondok pesantren pkbm dan institusi lain. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Djemari Mardapi. (1999). Estimasi kesalahan pengukuran dalam bidang pendidikan dan implikasinya pada ujian nasional. Pidato pengukuhan Guru Besar Universitas Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono & Eri Wibowo. (2003). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats