Pengaruh metode pembelajaran drills terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa di SMKN 1 Seyegan

Muhammad Yusuf Darmawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian sebanyak 63 siswa, yang terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dengan diberikan perlakuan metode pembelajaran CAI format drills dan 32 siswa kelas kontrol dengan diberikan perlakuan metode pembelajaran demonstrasi. Teknik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian 1) terdapat perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran CAI format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi; (2) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran CAI format drills dan metode pembelajaran demonstrasi dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar KKPI siswa; (3) terdapat perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran CAI format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi ditinjau dari siswa yang memiliki motivasi tinggi; 4) terdapat perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran CAI format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi ditinjau dari siswa yang memiliki motivasi rendah.

 

THE EFFECT OF DRILLS INSTRUCTIONAL METHOD ON LEARNING OUTCOME VIEWED FROM STUDENT LEARNING MOTIVATION IN SMKN 1 SEYEGAN

Abstract

This research aims to find out the differences in learning KKPI outcomes between students who are taught using Computer-Assisted Instruction (CAI) format drills method and those taught using the demonstration method in terms of students’ learning motivation. This research is a quasi experimental. The subjects were 63 students, consisting of 31 students in the experiment class using CAI format drills method and 32 students in the control class using demonstration method. Data analyze techniques used the analysis of variances (ANOVA). The result of this research: (1) There are differences in learning KKPI outcomes between the students who are taught using CAI format drills method and those taught using the demonstration method. (2) There is no interaction between CAI format drills method and demonstration method and the students’ motivation on their learning KKPI outcomes. (3) There are differences in learning KKPI outcomes between the students who are taught using CAI format drills method and those taught using the demonstration method in terms of the high motivation of students. (4) There are differences in learning KKPI outcomes between students who are taught using CAI format drills method and those taught using the demonstration teaching method seen from the low motivation of the students.


Keywords


Pengaruh; metode pembelajaran; drills; hasil belajar; motivasi belajar; effects; learning method; drills; learning outcome; learning motivation

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Cetakan ke-5, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dai, D.Y., & Sternberg, R. J. (2004). Motivation, Emotion, and Cognition: Integrative Perspectives On Intellectual Development and Functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publishers

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ditjen PMPTK. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Depdiknas

Hamzah. B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.,D. (1989). Instructional And New Technologies of Instruction. New York: Macmillan, Inc

Jensen, E & Nickelsen, L. (2008). Deeper LEARNING 7 Strategi Luar Biasa untuk Pembelajaran yang Mendalam dan Tak Terlupakan. (Terjemahan Benyamin Molan). A SAGE Company Thousand Oaks: Corwin Press. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)

Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers Motivation. Diambil pada tanggal 2 Juli 2012, dari http://en.wikipedia.org/wiki/ Motivation

Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman. (2011). Manajemen Kurikulum, Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Smaldino, S.E., Lowther, D.L. & Russell, J.D. (2007). Instructional Technology and Media for Learning (9th ed). Colombus: Merrill

Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats