Profil pembelajaran di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Wagiran Wagiran, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembelajaran yang baik menurut mahasiswa, (2) profil pembelajaran dilihat dari sisi pelaksanaan, (3) keunggulan pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, (4) kelemahan pembelajaran di Jurusan pendidikan Teknik Mesin, (5) kinerja/layanan dosen dalam perkuliahan, (6) krakteristik dosen yang baik. Penelitian dirancang dengan pendekatan kuantitatif model ex-post facto dengan metode utama survey. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Fakultas Teknik UNY. Sample ditentukan secara proporsional dengan teknik random. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara terbatas. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik pembelajaran yang baik adalah pembelajaran aktif yang sifatnya interaktif dengan menempatkan mahasiswa sebagai subjek; (2) pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik; (3) Keunggulan pembelajaran terutama berada pada pembelajaran praktek dengan dukungan fasilitas yang memadai; (4) Kelemahan pembelajaran tampak dalam aspek cara mengajar beberapa dosen yang masih konvensional, suasana kelas yang kurang kondusif, kedisiplinan mengajar, dan orientasi pembelajaran dalam upaya pembekalan kompetensi selain bidang keahlian; (5) Dosen telah menunjukkan layanan yang baik dalam perkuliahan di dalam kelas maupun di luar kelas, dan (6) Karakteristik dosen yang dapat dijadikan sebagai model antara lain: menunjukkan penguasaan materi, menyampaikan materi dengan jelas, interaktif, disiplin, obyektif, mampu menumbuhkan suasana kelas yang kondusif, bersahabat dengan mahasiswa, dan mampu menumbuhkan karakter dan motivasi peserta didik.

Kata kunci: pembelajaran, pendidikan teknologi dan kejuruan, efektivitas pembelajaran

 

LEARNING PROFILE AT FACULTY OF ENGINEERING YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY

(Studies at Department of Mechanical Engineering Education)

Abstract

This study aims to determine: (1) students perception about a good learning, (2) the profile of implementation learning, (3) the exellences of learning in the Department of Mechanical Engineering Education, (4) the weakness of learning at the Department of Education Mechanical Engineering, (5) performance or services of lecturer, (6) the characteristics of a good lecturer. The study was designed with a quantitative approach with ex-post facto model by survey. Research conducted on students of the Faculty of Engineering. Sample is determined proportionally with random technique. Collecting data using questionnaires and interviews. The data were analyzed descriptively. The results showed that: (1) The characteristics of good learning is interactive with students as subjects; (2) the implementation of learning is already well; (3) The exellences of learning mainly be on practical learning with the support of adequate facilities; (4) The weakness seen in the aspect of learning are still conventional, classroom atmosphere which is less conducive, discipline teaching and learning orientation in an effort debriefing competence in addition to areas of expertise; (5) lecturer has shown a good service in the lecture in the classroom and outside the classroom; and (6) a good characteristics of lecturer who could serve as a model, demonstrate mastery of the material, presenting the material with clear, interactive, discipline, objective, able to foster a conducive classroom atmosphere, friendly to students, and is able to grow the character and motivation of learners.

Keywords: learning, teaching, technical and vocational education

Keywords


pembelajaran; pendidikan teknologi dan kejuruan; efektivitas pembelajaran

Full Text:

PDF

References


st Century Student Outcome and Support System. Diambil dari www.21stcenturyskills.org., pada tanggal 23 April 2011

Barbe, B., Swassing, R. H., & Milone, M. N. (1979). Teaching through modality strengths: concepts and practices. Ohio: Zaner-Blosner.

Bukit, M. (2008). Menyiapkan pendidikan guru kejuruan memasuki standar internasional. In Seminar Internasional Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dalam Pengembangan SDM Nasional. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Padang.

DePorter, B., & Hernacki, M. (1992). Quantum learning: unleashing the genius in you. New York: Dell Publishing.

Fischer, B. B., & Fischer, L. (1979). Styles in Teaching and Learning. Educational Leadership, 36(4 January).

Fleming, N., & Baume, D. (2006). Learning styles again: varking up the right tree!, Educational Developments. SEDA Ltd, issue 7.4 Nov, 4-7.

Grasha, & Grasha. (1996). Teaching with style. Pittsburgh, PA: Alliance Publishers.

Grollmann, P., & Bauer, W. (2008). Technical and vocational education and training research for the professionalisation of vocational teachers. In F. Rauner & R. Maclean (Eds.), Handbook of Technical and Vocational Education and Training Research (pp. 385–392). Bremen: Springer.

Montgomery, S. M. & Groat. L. N. (1998). Student learning styles and their implications for teaching. http//:www.crlt.umich.edu/occ10.htm.

Nurdjito. (2010). Evaluasi pencapaian kompetensi mahasiswa pendidikan teknik mesin FT UNY dalam praktik pengalaman lapangan di SMK se DIY. Tesis magister, tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Pardjono, & et al. (2003). Pendidikan Kejuruan dengan kurikulum berbasis kompetensi berorientasi kecakapan hidup. In Lokakarya Pembelajaran dengan KBK Berorientasi Kecakapan Hidup. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Pratt, D. D. (2002). Good Teaching: One Size Fits All? New Directions for Adult and Continuing Education, 2002(93), 5–16. https://doi.org/10.1002/ace.45

Sudira, P. (2006). Pengembangan kompetensi bahan ajar mata kuliah mikrokontroler dengan pendekatan field research, benchmarch, adopt & adapt. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2 Oktober).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Unesco. (Juli 2004). Exploring Vocational Education Reforms. Newsletter. Vol.XXII.

Wong, L. (2006). Essential study skills (5th ed.). Boston, MA: Houghton Mifflin.

Anonim. What is your teaching style? members.shaw.ca/mdde615/tchstyles.htm




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.10610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats