Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Kooperatif Promosi-Degradasi pada Pembelajaran Praktik Kerja Batu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNY

Sumarjo H, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Promosi Degradasi (KPD) untuk pembelajaran praktik kerja batu mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakuktas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan yang mengambil mata kuliah praktik kerja batu pada semester 1 dan semester 3. Jumlah subjek penelitian sebanyak 50 orang, 31 orang asal SMU dan 19 orang asal SMK. Pelaksanaan tindakan untuk mahasiwa semester 1 sebanyak 5 kali dan untuk mahasisawa semester 3 sebanyak 4 kali. Pembagian kerja kelompok praktik dikombinasikan secara homogin, heterogen, acak, dan selera pribadi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, cek list, rekaman gambar dan angket. Anilisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukan bahwa pendekatan KPD untk pembelajaran praktik kerja terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, bukti-bukti yang mendukung yaitu: (1) nilai yang diperoleh mahasiswa cenderung meningkat (2) motivasi belajar makin tinggi dan (3) pembelajaran KPD dipersepsi positif oleh mahasiswa. Efek-efek yang mengemuka dalam pendekatan KPD terdiri dari efek positif dan negatif. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dengan pendekatan KPD yaitu: (1) terbatasnya peralatan praktik (2) belum tersedia ruang praktik yang baku dan (3) belum membudaya bagi dosen dan mahasiswa. Rekomendasi dari temuan penelitian ini adalah untuk segera mengimplementasikan metode pembelajaran praktik dengan pendekatan KPD dan perlunya melengkapi alat praktik yang kurang.


Keywords


efektifitas, pembelajaran kooperatif, promosi-degradasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v18i2.9329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: