Upaya Peningkatan Kualitas Kuliah Jaringan Komputer melalui Penerapan Media Pembelajaran Packet Tracer 5.0

Deny Budi Hertanto, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan proses belajar mengajar mata kuliah Jaringan Komputer menggunakan media pembelajaran Packet tracer 5.0 yang seharusnya, serta dampaknya terhadap motivasi, pemahaman, dan nilai akhir mahasiswa. Kinerja yang diukur adalah kesesuaian proses belajar mengajar dengan rencana tindakan, motivasi mahasiswa mengikuti kuliah Jaringan Komputer, pemahaman mahasiswa terhadap materi Jaringan Komputer, dan persentase mahasiswa yang mendapat nilai B ke atas. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (Classroom Action Research). Model yang digunakan mengadopsi model dasar yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kinerja tersebut adalah lembar observasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, subjek penelitian dan Lembar Belajar Mahasiswa, menunjukkan bahwa (1) PBM mata kuliah Jaringan Komputer telah dilaksanakan sesuai perencanaan, (2) Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan meningkat sampai dengan 90%, (3) Peningkatan pemahaman  terhadap materi kuliah meningkat rata-rata 76%, dan (4) PBM mata kuliah Jaringan Komputer menggunakan media pembelajaran Packet tracer 5.0 dapat menghasilkan jumlah mahasiswa yang lulus dengan nilai B ke atas lebih dari 70%.

Keywords


Jaringan Komputer, Packet tracer

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v20i1.7753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: