Peningkatan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study

Sukir Sukir, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY, Indonesia
Soeharto Soeharto, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY, Indonesia
Nurhening Yuniarti, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mendapatkan pola  penerapan pembelajaran berbasis lesson study untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan (2) mengetahui kompetensi yang dicapai mahasiswa melalui pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik. Penelitian ini  dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2008/2009 di Program Studi Teknik Elektro D3 FT UNY pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik. Sistem pembelajaran yang diterapkan dengan lesson study model Lewis.  Teknik pengambilan data dengan kolaborasi, observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Instrumen menggunakan lembar observasi, angket, pedoman wawancara dan kamera. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis refleksi kolaboratif  oleh kelompok dan  pakar. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1)  Pola  penerapan pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik yang dapat meningkatkan pencapaian kompetensi bagi mahasiswa, (2) Kompetensi yang dicapai mahasiswa pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik yang dalam perkuliahannya menerapkan pembelajaran berbasis lesson study ditandai dengan jumlah mahasiswa yang meraih nilai di atas atau sama dengan 70 sebanyak 20 orang atau 66,66 %.

Keywords


pencapaian kompetensi dan lesson study

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v18i1.7682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: