Penerapan Metode Penilaian Portofolio (Portfolios Based Assesment) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Restoran

Prihastuti Ekawatiningsih, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran empiris mengenai penerapan metode penilaian portofolio pada Mata Kuliah Restoran;  (2) mengetahui hasil belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode penilaian portofolio dan yang mengikuti pembelajaran dengan penilaian konvensional pada Mata Kuliah Restoran; dan (3) meningkatkan kualitas pembelajaran Mata Kuliah Restoran. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan pada bulan September-Desember 2007 di Jurdiknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik, UNY. Subyek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Boga yang mengambil Mata Kuliah Restoran pada semester gasal 2007/2008. Sampel penelitian dipilih secara acak, satu kelas dipilih sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Instrumen menggunakan tes dan lembar observasi penilaian yang sudah divalidasi secara expert judgement. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji dua rerata dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode penilaian portofolio dalam proses pembelajaran Mata Kuliah Restoran diawali dengan identifikasi kompetensi-kompetensi kunci, dijabarkan dalam bentuk sub kompetensi (lebih kecil cakupan materinya) Selanjutnya ditetapkan lembar penilaian berbasis portofolio yang disusun berdasarkan kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa, menetapkan skoring dan pembobotan sampai ditemukannya nilai akhir secara keseluruhan; (2) hasil belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran Mata Kuliah Restoran dengan metode penilaian portofolio lebih baik dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran dengan metode penilaian konvensional (thitung= 3,68 > ttabel= 1,69); (3) Kualitas pembelajaran Mata Kuliah Restoran dapat meningkat karena rerata hasil belajar mahasiswa yang dinilai dengan metode portofolio (79,63) lebih besar dibandingkan dengan penilaian konvensional (64,06)

Keywords


metode penilaian portofolio, mata kuliah restoran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v17i2.7659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735


Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: