Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan kelas kelompok bermain di Kota Yogyakarta

Rinelsa R. Husaen, Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sugito Sugito, Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) motivasi kerja pendidik terhadap pengelolaan kelas; (2) pengalaman mengajar pendidik terhadap pengelolaan kelas; (3) kepemimpinan pengelola terhadap pengelolaan kelas; (4) fasilitas kelas terhadap pengelolaan kelas; dan (5) pengaruh motivasi kerja pendidik, pengalaman mengajar pendidik, kepemimpinan pengelola, dan fasilitas kelas secara bersama-sama terhadap pengelolaan kelas kelompok bermain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh dari motivasi kerja pendidik terhadap pengelolaan kelas kelompok bermain (P(α)= 0,375>0,05), (2) tidak ada pengaruh dari pengalaman mengajar pendidik terhadap pengelolaan kelas (P(α)= 0,325>0,05), (3) tidak ada pengaruh dari kepemimpinan pengelola terhadap pengelolaan kelas (P(α)= 0,474>0,05), (4) tidak ada pengaruh dari fasilitas kelas terhadap pengelolaan kelas (P(α)= 0,303>0,05), dan (5) tidak ada pengaruh dari motivasi kerja pendidik, pengalaman mengajar pendidik, kepemimpinan pengelola, dan fasilitas kelas secara bersama-sama terhadap pengelolaan kelas kelompok bermain (Rxyganda = 0,086) (P(α)= 0,165>0,05).

Kata Kunci: pengelolaan kelas, motivasi mengajar pendidik, pengalaman mengajar pendidik, kepemimpinan pengelola, fasilitas kelas

 

Factors Influencing the Effectiveness of Play Group Classroom Management in Yogyakarta


Abstract

This study aims to determine the effect of: (1) educators’ work motivation on classroom management; (2) educators’ teaching experience on classroom management; (3) principal’s leadership on classroom management; (4) classroom facilities on classroom management; and (5) educators’ work motivation, educators’ teaching experience, principal’s leadership, and classroom facilities on classroom management. This study uses a quantitative approach to the ex post facto method. The study sample size of 93 people. The instrument used in this study was a questionnaire. The data were presented by using descriptive statistics and regression analysis. Meanwhile, regression analysis shows that (1) there is no significant effect of educators’ work motivation on classroom management (P(α)= 0.375>0.05), (2) there is no significant effect of educators’ teaching experience on classroom management (P(α)= 0.325>0.05), (3) there is no significant effect of principal’s leadership on classroom management (P(α)= 0.474>0.05), (4) there is no significant effect of classroom facilities on classroom management (P(α)= 0.303>0.05), and (5) there is no significant effect of educators’ work motivation, educators’ teaching experience, principal’s leadership, and classroom facilities on the playgroup classroom management (Rxy = 0.086) (P(α)= 0.165>0.05).

Keywords: classroom management, educators’ work motivation, educators teaching experience, principal’s leadership, classroom facilities

Keywords


pengelolaan kelas; motivasi mengajar pendidik; pengalaman mengajar pendidik; kepemimpinan pengelola; fasilitas kelas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2003). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Brophy, J. (1986). Classroom managemen technique. Education and Urban Society [Versi elektronik], 18 (2), 182 194.

Carrudin. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru SMKN se-Kabupaten Indramayu. Jurnal Penelitian Pascasarjana UPI. No 2 ISSN 1412-565x.

Cohen, J. (1977). Statistical power analysis for the behavioral sciences. New York: Academic Press.

Dirjen PLSP Direktorat Tenaga Teknis. (2005d). Pertumbuhan dan perkem-bangan anak usia 0-6 tahun. Jakarta: Depdiknas.

Edward, A.L. (1979). Multiple regression and analysis of variance and covariance. San fransisco, CA: W: H. Freeman and Company.

Entang & Joni, S. (1983). Manajemen kelas. Jakarta: Alfabeta

Field, A. (2000). Discovering statistic using SPSS windows: advance technique for the beginner. London: Sage Publication.

Hagger, H & D. McLntyre. (2000). What can research tell us about teacher education. Oxford review ofeducation. 26 (3-4): 482-95.

Ingersoll, R. (2001). Teacher turnover, teacher shortage, and the organization of schools. Diambil pada tanggal 4 Agustus 2014, dari http://depts.washington.edu/ctpmai PDFs/Turnover-Ing-01-2001.pdf.

Kullar, P. (2011). A multi site case study: The effect of principal leadership on school climate and student achievement in charter schools in Los Angeles, California. Dissertasi.

Simanjuntak, L. (2005). Kontribusi pembinaan pengelola dan motivasi kerja tenaga pendidik terhadap efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada kelompok bermain binaan BPPLSP dan BKB di Sumatera Utara. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Medan, Medan.

Martinis, Y & Maisah. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Marzano, R. J., & Pickering, D. (2003). Classroom management that works: Research – based strategies for every teacher. Alexandria, VA: Assosiation for super vision and curriculum development.

Ofoegbu, T. I. (2004). Teacher motivation: A factor of classroom effectiveness and school improvement in Nigeria. Project Inovation, 38, 1.

Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Permendiknas. (2009). Lampiran peraturan menteri pendidikan nasional No 58 tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini.

Pramudyani, A., & Sugito, S. (2014). Implementasi pembelajaran terpadu terhadap perkembangan anak usia dini di KB-TK Islam Al Azhar 31 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 160 - 173. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2686

Sujiono. (2009). Metode pengembangan fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wilson, N., L. (2012). The princippals role in developing the classroom management skill of the novice elementary teacher. Dissertassi.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat



JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats