Evaluasi program pelatihan in-house training pembelajaran paket C di sanggar kegiatan belajar Jawa Tengah

Ika Rizqi Meilya, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ibnu Syamsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil evaluasi tingkat: (1) kepuasan; (2) pemahaman materi; (3) implementasi perilaku; dan (4) peningakatan kompetensi peserta pelatihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan model Empat Level Kirkpatrick. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan menggunakan Penilaian ber-Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian ber-Acuan Norma (PAN) masuk kategori “puas”. (2) pemahaman peserta pada materi standar isi pembelajaran paket C menggunakan PAP masuk kategori “tidak menguasai”, sedangkan menggunakan PAN masuk kategori “menguasai”; pemahaman peserta pada materi standar proses pembelajaran paket C menggunakan PAP dan PAN masuk kategori “menguasai”; pemahaman peserta pada materi standar penilaian pembelajaran paket C menggunakan PAP masuk kategori “tidak menguasai”, sedangkan menggunakan PAN masuk kategori “menguasai”. (3) implementasi perilaku peserta pascapelatihan terkait materi standar isi, proses, dan penilaian pembelajaran paket C berdasarkan persepsi tutor dan peserta didik menggunakan PAP dan PAN masuk kategori “mengimplementasikan”; (4) peningkatan kompetensi peserta disebabkan oleh pelatihan menggunakan PAP dan PAN masuk kategori “mengalami peningkatan”.

Kata Kunci: evaluasi, pelatihan, in-house training, pembelajaran paket C

 

In-house training program evaluation of packet C learning in sanggar kegiatan belajar of Central Java Province


Abstract

This study aimed to describe an evaluation results level of: (1) satisfaction; (2) material understanding; (3) behavior implementation; and (4) the improvement of participants’ competence. The type of this study was evaluation research using Four Levels of Kirkpatrick model. The result of this study indicates the following. (1) the participants’ satisfaction toward the implementation of training using Standard Referenced Assessment (PAP) and Normative Referenced Assessment (PAN) was included in the category of “satisfied”. 2) the participants’ understanding of content standard material learning using PAP was included in the category of “not mastering”, while using PAN was included in the category of “mastering”; the participants’ understanding of process standard material learning using PAP and PAN was included in the category of “mastering”; (3) the participants’ understanding of assessment standard material learning using PAP was included in the category of “not mastering”, while using PAN was included in the category of “mastering”. (3) the implementation of participants’ behavior after training of content, process, and assessment standard material based on tutor’s and student’s perception using PAP and PAN was included in the category of “implementing”. (4) participants’ competence improvement resulting from the training using PAP and PAN was included in the category of “improving”.

Keywords: evaluation, training, in-house training, packet C learning

Keywords


evaluasi, pelatihan; in-house training; pembelajaran paket C

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2011). Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Churohman, M. (2011). “Teori prinsip dan konsep pembelajaran. Diakses tanggal 26 April 2015 dari http://miftachr.blog.uns.ac.id/2010/01/teori-prinsip-dan-konsep-pembelajaran/

Daryanto & Bintoro. (2014). Manajeman diklat. Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat PSM Ditjen Dikmen Kemdikbud. (2013). Laporan pelaksanaan program pelatihan in-house training pembelajaran paket C. Jakarta, tahun 2013.

Fauziarti, B.F. & Sudarsono, F.X. (2014). Efektivitas pelatihan kurikulum pendidikan anak usia dini di kecamatan grabag. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1 (2), 183-184. Diakses tanggal 14 Juli 2015 dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2687/2240

Kemendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia nomor 14, Tahun 2007, tentang standar isi pendidikan kesetaraan.

Kemendiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia nomor 3, tahun 2008, tentang standar proses pendidikan kesetaraan.

Kemendiknas. (2007). Peraturan menteri pendidikan republik indonesia nomor 20, tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset.

Presiden RI. (2005). Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19, tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia, nomor 20, tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.

Rusmilah. (2009). Evaluasi diklat MGMP mata pelajaran matematika di LPMP Yogyakarta tahun 2008. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Serepinah, M. (2013). Kebermaknaan evaluasi program pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 6 (20), 14-17.

Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, D. (2006). Evaluasi program pendidikan luar sekolah. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan Rosda.

Sukardi. (2003). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi. (2014). Evaluasi program pendidikan dan kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliarmi, N.N. & Riyasa, P. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Kota Denpasar. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 12 (1), 1-10.

Yusrizal. (2008). Pengujian validitas konstruk dengan menggunakan analisis faktor. Jurnal Tabularasa PPs Unimed, 5 (1), 73-92.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat



JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats