Pengaruh Group Investigation dan Inquiry Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Elastisitas dan Hukum Hooke

Magfira Cindy Dianningrum, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Endang Purwaningsih, Universitas Negeri Malang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation dan inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan pada 70 siswa di dua kelas XI IPA di SMA Negeri di Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data dari skor posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri membantu siswa dalam memahami konsep elastisitas dan hukum hooke. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa dalam kategori baik yaitu 75,29. Pemahaman konsep paling baik terdapat pada konsep hukum hooke. Sedangkan pemahaman konsep paling rendah siswa terdapat pada susunan campuran (seri dan paralel) pegas.


Keywords


pemahaman konsep; group investigation; inkuiri; elastisitas dan hukum hooke

Full Text:

PDF

References


Acar, O & Patton, B.R. 2010. Argumentation and formal reasoning skills in an argumentation based guided inquiry course. Sosial and Behavior Science, 46, 4756—4760.

Akçay, N. O., & Doymuş, K. (2012). The Effects of Group Investigation and Cooperative Learning Techniques Applied in Teaching Force and Motion Subjects on Students’ Academic Achievements. Journal of Educational Sciences Research, 2(1), 109–123.

Anderson, L. W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Ardiannisa, S., Fotma, M., & Fatmi, N. 2020. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Simulasi Phet Pada Materi Elastisitas Di Sma 2 Bireuen. RELATIVITAS: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2).

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arreguín-Anderson, M. G., & Esquierdo, J. J. (2011). Overcoming difficulties: Bilingual secondgrade students do scientific inquiry in pairs during a lesson on leaves. Science and Children, 48(7), 68-71.

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. 2014. Synthesis of discipline-based education research in physics. Physics Education Research, 10(2), 1–58.

Hidayati, F. N., Akhsan, H., & Syuhendri. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–9.

Howell, D. C. 2011. Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences 7th Edition. Boston: Wadsworth Cengage Learning.

Jannah, A. N., Yuliati, L., & Parno. 2016. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Bertanya Siswa pada Materi Hukum Newton melalui Pembelajaran Inquiry Lesson dengan Strategi LBQ. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 409–420.

Joyce, B., Weil, M. & Calhoun, E. 2009. Models of Teaching (9th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Koes-H, S. & Hanum, M. R. 2019. Nurturing higher order thinking ability through visual scaffolding in group investigation. J. Phys.: Conf. Ser. 1185 012069.

Magee, P. A., & Flessner, R. 2012. Collaborating to Improve Inquiry-Based Teaching in Elementary Science and Mathematics Methods Courses. Science Education International, 23(4), 353–365.

Malahayati, & Saminan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 2 Meureudu pada Materi Rangkaian Listrik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 25–31.

Marlina, Utaya, S., & Yuliati, L. 2017. Pengaruh Authentic Problem Based Learning (aPBL) terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1509–1514.

Munfaridah, N., Sutopo, Sulur, & Asim. 2017. Analisis Miskonsepsi “Gerak dan Gaya” menggunakan Instrumen Force Concept Inventory (FCI) pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 66–75.

Nugraha, M. G., Kaniawati, I., Rusdiana, D., & Kirana, K. H. 2016. Combination of inquiry learning model and computer simulation to improve mastery concept and the correlation with critical thinking skills ( CTS ) Combination of Inquiry Learning Model and Computer Simulation to Improve Mastery Concept and the Correlation. In AIP Conference Proceedings.

Nurul, F., Hamdi, H., Syuhendri, A., Ipa, X., & Negeri, S. M. A. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Di Sma Negeri 1 Indralaya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1–9.

Prastowo, T., & Ain, T. N. 2015. Percobaan Gravity Current untuk Menguji Konsep Hidrodinamika dan Hukum Kekekalan Massa pada Fluida Inkompresibel. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 84–92.

Puspitasari, D., Prastowo, S., & Prihandono, T. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Tentang Elastisitas di Kelas XI Sma. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, ISSN : 2527-5917, 2, 1–6.

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta: Grasindo.

Susac, A., Bubic, A, Martinjak, P., Planinic, M., & Palmovic, M. 2017. Graphical representations of data improve student understanding of measurement and uncertainty: An eye-tracking study. Phys. Rev. Phys. Educ. Res. 13, 020125.

Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Wulandari, Dewi, A., Kurnia, Sunarya, & Yayan. 2013. Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 18-26.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.49519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Magfira Cindy Dianningrum, Endang Purwaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo