Pentingnya Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan

Livia Radinka Zein, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
Rina Rahayu, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia

Abstract


Metode pembelajaran dengan menggunakan permainan dapat dijadikan alternatif untuk dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Permainan engklek adalah permainan tradisional yang menggunakan benda serta kesepakatan peraturan yang dibuat oleh guru dan harus dipatuhi oleh pemain atau siswanya. Permainan engklek dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh permainan tradisional terdahap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 7 SMP. Berdasarkan penelitian ini dapat simpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan permainan tradisional lebih efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran tanpa permainan tradisional. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest dan postest siswa pada kelas 7 SMP dalam memahami materi pencemaran lingkungan mencapai 87.00 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang mencapai 57.00. Hal tersebut dapat terjadi karena metode bermain dalam proses pembelajaran dapat membuat suasana belajar yang menyenangkan sehingga tidak menimbulkan kejenuhan maka dari itu siswa dapat memusatkan perhatian secara penuh terhadap materi pencemaran lingkungan.


Keywords


hasil belajar, motivasi, permainan engklek, permainan tradisional

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Urgensi penilaian hasil belajar berbasis kelas mata pelajaran IPS di madrasah tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2), 168-181.

Agustin, N. W., Susandi, A., & Muhammad, D. H. (2021). Permainan tradisional sebagai sarana mengembangkan kemampuan fisik motorik anak dan nilai-nilai pendidikan Islam di PAUD Kamboja Probolinggo. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 33-44.

Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian tentang keaktikan belajar siswa dengan media teka teki silang pada pembelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166-176.

Ardiana, R. (2022). Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di taman kanak kanak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-10.

Ardillani, S. P. (2022). Efektifitas media pembelajaran permainan tradisional Oray-Orayan dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada siswa sekolah dasar. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 9(1), 105-116.

Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru PAUD korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1-6.

Azizah, I. M. A. (2016). Efektivitas pembelajaran menggunakan permainan tradisional terhadap motivasi dan hasil belajar materi gaya di kelas IV MIN Ngronggot Nganjuk. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(2), 279-308.

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-43.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(2), 48-60.

Hadi, I. A. (2017). Pentingnya pengenalan tentang perbedaan individu anak dalam efektifitas pendidikan. Inspirasi: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 71-92.

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal prima edukasia, 2(1), 66-79.

Latif, B. S., & Amelia, M. (2022). Dampak pengembangan daya tarik wisata edukasi dalam peningkatan pengunjung perkampungan budaya Betawi Setu Babakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 461-471.

Lauh, W. D. A., & Suhairi, M. (2022). Upaya Meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola melalui metode bermain pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Siding Kabupaten Bengkayang. Journal Sport Academy, 1(1), 17-32.

Lutfi, A., Aini, N. Q., Amalia, N., Umah, P. A., & Rukmana, M. D. (2021). Gamifikasi untuk pendidikan: pembelajaran kimia yang menyenangkan pada masa pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 94-101.

Marie, H., & Nursafitri, F. (2022). Penggunaan Permainan plastisin dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini di TK Rahmat Sigi Sidera Sulawesi Tengah. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 32-46.

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.

Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110-1118.

Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi (Studi kasus pada siswa kelas III sekolah dasar). Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91-108.

Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65-70.

Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593-5600.

Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1-8.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.

Suryana, D. (2022). Permainan edukatif setatak angka dalam menstimulasi kemampuan berfikir simbolik anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1790-1798.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 157-170.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.45531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 livia radinka zein

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo