Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi, dan Hasil Belajar Matematika SMP

Novi Solindri Pangemanan, Magister Pendidikan, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses penerapan Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa, (2) menganalisis perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa, (3) menganalisis perkembangan motivasi belajar siswa, (4) menganalisis perkembangan hasil belajar siswa, dan (5) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi selama proses penerapan TPS. Penelitian ini dilakukan dalam 3 Siklus di kelas VII SMP Ichthus Jakarta, dengan subjek penelitian 12 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes tertulis, angket serta dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan perbaikan yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah TPS; kemampuan berpikir kritis siklus 1 mencapai 70,42%, siklus 2 mencapai 81,92%, siklus 3 mencapai 90,83%. Perkembangan motivasi belajar siswa siklus 1 mencapai 73,10%, siklus 2 mencapai 82,42%, siklus 3 mencapai 92,92%. Peningkatan hasil belajar siswa siklus 1 mencapai 66,25%, siklus 2 mencapai 76,33%, siklus 3 mencapai 90,66%. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu siswa yang masih belum terbiasa melakukan tahapan TPS dalam proses pembelajaran, siswa yang kurang aktif dalam kelompok, dan keterbatasan waktu pembelajaran.


Keywords


think pair share, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Rofiqul, U. M. A. M. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799-814.

Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of learning materials based on realistic mathematics education to improve problem solving ability and student learning independence. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 243-252.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Papadopoulos, P. M., Natsis, A., Obwegeser, N., & Weinberger, A. (2019). Enriching feedback in audience response systems: Analysis and implications of objective and subjective metrics on students' performance and attitudes. Journal of Computer Assisted Learning, 35(2), 305-316.

Rahayu, S., & Suningsih, A. (2018). The effects of type learning model numbered head together and think pair share. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 19-21.

Wardani, I. G. A. K. (2007). Penelitian tindakan kelas. Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.26822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo