Uji Korelasi Karakter Kreativitas terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 08 Kota Jambi

Weni Sukarni, Universitas Jambi, Indonesia
Prita Monalisa, SMPN 1 V Koto Kampung Dalam, Indonesia

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan antara angket kreativitas terhadap hasil belajar siswa, apakah memiliki hubungan atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan asosiatif dengan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil dapat diketahui bahwa angket dan nilai memiliki sig. (2-tailed) 0,000 dan Pearson Correlation 0,928. Jadi, dapat disimpulkan ada korelasi antara angket dan nilai kelas VIII C dan VIII E SMPN 08 Kota Jambi karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05 dan koefisien korelasi berada pada interval 0,80-1,00. Jadi, hubungan antara angket dan nilai tersebut dikategorikan sangat kuat. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya hubungan mengenai angket karakter kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII C dan VIII E SMP N 08 Kota Jambi pada tentang konsep IPA Terpadu pada materi Tata Surya. Artinya karakter kreativitas siswa sangat diperlukan oleh siswa dalam penerapan materi yang telah dipelajari di sekolah, karena kreativitas merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan hasil belajar peserta didik.


Keywords


kreativitas siswa, tata surya, pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.

Bralić, A., & Divjak, B. (2018). Integrating MOOCs in traditionally taught courses: Achieving learning outcomes with blended learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 1-16.

Darmawangsario, R. (2018). Pengembangan instrumen sikap siswa sekolah menengah atas terhadap mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 107-114.

Dewi, P. Y., & Primayana, K. H. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19-26.

Doganaksoy, N., Hahn, G. J., & Meeker, W. Q. (2020). Concerns in ID'ing a Suitable Distribution. Quality Progress, 53(12), 72-75.

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98-106.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Hayes, A. F., & Montoya, A. K. (2017). A tutorial on testing, visualizing, and probing an interaction involving a multicategorical variabel in linear regression analysis. Communication Methods and Measures, 11(1), 1-30.

Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S. D. (2013). Pengembangan modul tematik dan inovatif berkarakter pada tema pencemaran lingkungan untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 183-184.

Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(2), 151-160.

Kurniawan, D. A., & Astalini, A. (2019). Evaluasi sikap siswa SMP terhadap IPA di kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 124-139.

Listyawati, M. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 17-26.

Mahzura, T. A. S. (2018). The analysis of the influence of financial performance, company size, ownership structure, leverage and company growth on company values in food and beverage industry companies listed in IDX 2012-2016 period. International Journal of Public Budgeting, Accounting and Finance, 1(4), 1-12.

Nuraeni, A. (2016). Peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(3), 245-256.

Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA terpadu berbasis inkuiri tema darah di SMP N 2 Tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 17-25.

Richardson, C., & Mishra, P. (2018). Learning environments that support student creativity: Developing the SCALE. Thinking Skills and Creativity, 27(1), 45-54.

Rofiqi, M. A. (2015). Efektivitas penggunaan media Stellarium sebagai media pembelajaran pada materi pokok tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kajen kabupaten Pekalongan tahun 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Salim, K. D. B. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan tipe student-teams achievement division terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi pokok tata surya di SMP swasta diakui Angkasa Kupang tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Schmidt, A. F., & Finan, C. (2018). Linear regression and the normality assumption. Journal of Clinical Epidemiology, 98(1), 146-151.

Schober, P., Boer, C., & Schwarte, L. A. (2018). Correlation coefficients: Appropriate use and interpretation. Anesthesia & Analgesia, 126(5), 1763-1768.

Sudijono, A. (2008). Pengantar statistik pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 59-68.

Swank, J. M., & Mullen, P. R. (2017). Evaluating evidence for conceptually related constructs using bivariate correlations. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 50(4), 270-274.

Syafri. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa kelas XI SMK Negeri 4 Muaro Jambi. Skripsi. Universitas Jambi.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo