Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kerja Laboratorium dengan Pendekatan Science Process Skills untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika

Sukardiyono Sukardiyono, Dosen Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia
Yeni Ristya Wardani, Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendapatkan modul fisika berbasis kerja laboratorium dengan pendekatan science process skills yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika, 2) menge-tahui peningkatan hasil belajar siswa berupa ketercapaian keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Langkah-langkah  pengembangan model 4-D (Four D Models), yaitu: tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate.Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi kelas, lembar validasi modul oleh dosen ahli dan guru fisika, lembar penilaian keterampilan proses siswa dan angket respon siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa X5 SMA Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa.Hasil penelitian ini adalah (1) modul yang dikembangkan dalam kategori baik, (2) ketercapaian keterampilan proses sains siswa “sangat baik” untuk aspek menyusun hipotesis, mengiden-tifikasi variabel, menginterpretasi data ke dalam tabel dan “baik” untuk aspek membuat grafik dan menarik kesimpulan.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan gain sebesar 0,70 tergolong kategori tinggi.

Kata kunci: pengembangan modul fisika, kerja laboratorium, science process skills


Keywords


pengembangan modul fisika; kerja laboratorium; science process skills

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo