Model Integrated Science Berbasis Socio Scientific Issues untuk Mengembangkan Thinking Skills dalam Mewujudkan 21st Century Skills

Purwanti Widhy H, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNY, Indonesia
Sabar Nurohman, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNY, Indonesia
Widodo Setyo Wibowo, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian mengembangkan model Integrated science berbasis Socio Scientific Issues (SSI) berupa Silabus, RPP dan Bahan Ajar IPAuntuk mengembangkan thinking skills. Metode penelitian adalah R&D, yang terdiri 4 langkah yakni define, design, develope dan desseminate (4-D), namun dibatasi pada 3 langkah pertama (3-D dari 4-D). Fase define meliputi pengumpulan data karakteristik siswa, analisis isu di masyarakat, pendefinisian variable pengembangan produk, dan menganalisis kurikulum. Fase design meli-puti menyusun draft kasar produk dan seleksi format. Fase develop meliputi pengembangan produk awal, validasi expert dan guru IPA dilanjutkan dengan revisi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuali-tataif dan kuantitatif dengan 4 skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan model Integrated science berbasis SSI berupa Silabus, RPP dan bahan Ajar IPA yang dirancang untuk mengembangkan thinking skills layak digunakan dengan nilai sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA. Terdapat 4 isu yang diangkat yang dijadikan dalam tema-tema yaitu erupsi gunung berapi, tema zat aditif dalam maka-nan dan pengaruhnya, pengelolaan sampah, dan tema pengelolaan limbah perak. Produk hasil pengemba-ngan dapat mengembangkan ketrampilan berfikir, dilihat dari kegiatan di LKS dan modul.

Kata kunci: model integrated science, socio scientific issues, thinking skill, 21st century skills


Keywords


model integrated science; socio scientific issues; thinking skill; 21st century skills

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo