Peningkatan Partisipasi dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Protozoa Kelas X SMA N Pengasih

Suhardi Suhardi, Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan partisipasi dan kerjasama siswa kelas X SMA Negeri Pengasih pada materi Protozoa menggunakan model kooperatif Jigsaw. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA N Pengasih, sedangkan objek penelitiannya adalah partisipasi dan kerjasama siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengumpulkan data partisipasi dan kerjasama siswa dalam pembelajaran menggunakan moder Jigsaw dengan materi Protozoa. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif dengan mencari nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelaja-ran tipe Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi dan kerjasama siswa SMA N Pengasih. Disamping itu tinda-kan dalam PTK ini juga meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata kunci: partisipasi, kerjasama, model kooperatif tipe jigsaw


Keywords


partisipasi; kerjasama; model kooperatif tipe jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo