Pengembangan Multimedia pada Pokok Bahasan Program Linier yang Menggunakan Metode Simpleks

Rieno Septra Nery, Magister Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Unsri, Indonesia
Zulkardi Zulkardi, Magister Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Unsri, Indonesia
Nila Kesumawati, Magister Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Unsri, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pada pokok bahasan program linear yang menggunakan metode simpleks yang valid, praktis, dan memiliki efek terhadap minat dan hasil belajar mahasiswa. Multimedia didesain menggunakan microsoft power point. Penelitian ini menggunakan meto-de penelitian pengembangan (development research). Tahap pengembangan terbagi dua yaitu tahap preli-minary yang meliputi analisis dan pendesainan, formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walkthrough (tahap expert review) untuk mengetahui validitas multimedia dari segi konten dan bahasa. Observasi untuk mengetahui kepraktisan multimedia (one to one, small group, field test), serta angket dan tes (tahap field test) untuk mengetahui minat dan hasil belajar mahasiswa. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Diperoleh multimedia yang dibuat dengan microsoft power point yang valid dan praktis. (2) Multimedia memiliki efek potensial terhadap hasil belajar dengan rata-rata nilai akhir mahasiswa 79,44 yang termasuk kategori baik dan persentase minat mahasiswa mencapai 79,62 % yang termasuk kategori tinggi.

Kata kunci: pengembangan, multimedia, metode simpleks


Keywords


pengembangan; multimedia; metode simpleks

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo