Pengembangan Metode Pembelajaran Kooperatif secara Online pada Kuliah Kimia Fisika II

Marfuatun Marfuatun, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endang Widjajanti LFX, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suwardi Suwardi, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  desain, tingkat keterlaksanaan dan efektivitas pembe-lajaran kooperatif secara online pada kuliah Kimia Fisika II. Penelitian ini didesain sebagai penelitian pengembangan dengan tujuh tahap yaitu perencanaan, pengembangan metode, aplikasi I, revisi I, aplikasi II, revisi II dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain metode pembelajaran kooperatif seca-ra online yang lebih efektif adalah pembagian kelompok, kuliah tatap muka dengan dosen, diskusi dilaku-kan secara online, penulisan laporan kegiatan diskusi secara online, dan evaluasi secara online. Tingkat keterlaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif secara online cukup baik, namun perlu adanya dukungan sarana yang memadai, baik komputer maupun server e-learning. Adapun penerapan metode pembelajaran kooperatif secara online dianggap belum efektif, karena tingkat ketuntasan belajar mahasiswa baru mencapai 25,93% dengan nilai rata-rata 65,7.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, online, efektivitas


Keywords


pembelajaran kooperatif; online; efektivitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo