Penguatan karakter kebangsaan civitas akademika melalui filosofi nama perguruan tinggi

Sukron Mazid, Universitas Tidar, Indonesia
Dadang Sundawa, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Danang Prasetyo, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengungkap filosofi makna nama Tidar sebagai nama perguruan tinggi. Kandungan makna ini dijadikan pedoman dalam membentuk karakter civitas akademika di kampus. Pendekatan penelitian ini deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Universitas Tidar Magelang dari bulan April sampai Oktober 2022. Subjek penelitian ditentukan dengan cara purposive, yakni sesepuh masyarakat sekitar, mantan Rektor Universitas Tidar, rektor yang menjabat saat penelitian ini dilaksanakan, dan akademisi yang mengetahui tentang filosofi dan makna kata Tidar. Nama ini bukan hanya merujuk pada nama daerah maupun bukit ikonik yang ada di tempat tersesbut, namun ada makna filosofi yang dapat dijadikan rujuakan penguatan karakter kebangsaan. Hasil penelitian ini menemukan adanya makna filosofis dari nama Tidar yang dijadikan sebagai pedoman nilai untuk membentuk karakter civitas akademika di Universitas Tidar. Makna filosofis tersebut adalah: (1) Tangguh, yang mempunyai filosofi makna sulit dikalahkan, kuat, handal, dan tekad; (2) Integratif, yakni jujur, objektif, berani, konsisten dan konsekuen, dan iktikad baik; (3) Dedikatif, yakni pengabdian, dedikasi, daya dukung, dan pengabdian kepada bangsa negara; (4) Aktif yang berarti giat, dinamis, bertenaga, akal yang selalu dikedepankan bukan kekuatan fisik yang mengarah emosional; dan (5) Responsif, yakni sifat cepat merespon, menanggapi, tergugah hati berempati, berusaha mengolah rasa dalam bertindak.

This study seeks to reveal the philosophy of the meaning of the name Tidar as the name of a university. The content of this meaning is used as a guide in shaping the character of the academic community on campus. This research approach is descriptive qualitative which was carried out at Tidar University, Magelang from April to October 2022. The research subjects were determined in a purposive manner, namely the elders of the surrounding community, the former Chancellor of Tidar University, the chancellor who served when this research was carried out, and academics who knew about philosophy. and the meaning of the word Tidar, not only referring to the name of the area or the iconic hill in that place. The results of this study found the philosophical meaning of the name Tidar which was used as a value guide to shape the character of the academic community at Tidar University. The philosophical meanings are: (1) Tough, which has a philosophy meaning hard to beat, strong, reliable, and determined; (2) Integrative, namely honest, objective, courageous, consistent and consistent, and in good faith; (3) Dedicative, namely devotion, dedication, power, dedication to the nation and state; (4) Active, which means active, dynamic, powerful, always put forward the mind, not physical strength that leads to emotional; and (5) Responsiveness, namely the nature of being quick to respond, responding, being moved to empathize, trying to cultivate feelings in acting.


Keywords


penguatan karakter kebangsaan; filosofi nama; perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Adha, R. R. (2019). Peran pengasuh dalam membina karakter disiplin santri di Ma’had Al-Furqon MAN 2 Tulungagung. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Amri, M. (2013). Urgensi pembelajaran bagi pengembangan karakter akademik mahasiswa pendidikan tinggi. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 16(2), 139–150. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a2.

Arafat, Y. (2018). Studi penerapan pendidikan karakter di Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala, 453–460. DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.448.

Arsyillah, B. T., & Muhid, A. (2020). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter pemuda di perguruan tinggi. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 17–26. DOI: 10.32489/alfikr.v6i1.65.

Bali, M. M. (2013). Peran dosen dalam mengembangkan karakter mahasiswa. Humaniora, 4(2), 800–810. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3508.

Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50–56. DOI: 10.21107/pamator.v13i1.6912.

Dalyono, M. (2007). Sosiologi pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi kebijakan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di perguruan tinggi. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 9(1), 1-15. DOI:  10.24235/edueksos.v9i1.6144.

Dharmawan, N. S. (2014). Implementasi pendidikan karakter bangsa pada mahasiswa di perguruan tinggi. Makalah. Dipresentasikan pada pembinaan pendidikan karakter bagi mahasiswa PTS di lingkungan Kopertis Wilayah VIII, Universitas Udayana Denpasar.

Endraswara, S. (2006). Metode, teori, teknik penelitian kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Fakhruddin, F., Asha, L., Nuzuar, N., Hidayat, R., & Arifin, Z. (2014). Arah pengembangan atmosfer akademik pembentukan iklim kampus yang beretikan dan bermoral. Curup: STAIN Curup.

Fauzi, H. (2020). Strategi pendidikan karakter di perguruan tinggi. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 60–77. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attalim/article/view/135

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: Jejak.

Hikmah, S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meninjau sejauh mana implementasi nilai pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 417–425. DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1745

Ilmi, D. (2015). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal melalui ungkapan bijak Minangkabau. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 1(1), 45–54. DOI: http://dx.doi.org/10.30983/islam_realitas.v1i1.7 

Japar, M. (2017). Pengembangan model pendidikan karakter berwawasan kebangsaan di perguruan tinggi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 255–258.

Karwadi, K., Nugraheni, A. S., & Lestari, S. (2021). Studi eksploratif pengembangan design kegiatan PPL-KKN integratif Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam10(4), 583-600. DOI: https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5893.

Latif, Y. (2014). Mata air keteladanan. Bandung: Mizan.

Mamat, M. A. (2021). Persoalan niat, guru dan ilmu dalam belajar: Suatu analisis terhadap MSS 2906 (B) Tibyān al-Marām: Issues regarding intention, teacher and knowledge in learning: An analysis of MSS 2609 (B) Tibyān al-Marām. Journal of Quran Sunnah Education & Special Needs, 5(1), 165–177. DOI: https://doi.org/10.33102/jqss.vol5no1.98.

Mansir, F. (2017). Model pendidikan karakter di perguruan tinggi Islam (Studi pada UMI dan UIN Alauddin Makassar). Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41–46. DOI: https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63.

Marzuki, M. A. (2012). Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 33-44. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1450.

Maulidiyah, A., Firdaus, D. F., & Wulandari, A. (2019). Pendidikan karakter untuk generasi muda Indonesia berkemajuan. Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Mahasiswa yang Unggul di Era Industri 4.0 dan Society 5.0”, 28 Desember 2019. (59–62).

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Penerbit. Universitas Indonesia.

Muhibah, S. (2020). Model pengembangan pendidikan karakter melalui pendidikan agama di perguruan tinggi: Studi kasus di Universitas Serang Raya. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1), 54–69. DOI: https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683.

Murdiono, M., Sapriya, S., Wahab, A. A., & Maftuh, B. (2014). Membangun wawasan global warga negara muda berkarakter Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 148-159. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2790.

Musaropah, U., Mahali, M., Delimanugari, D., Suprianto, A., & Nugroho, T. (2020). Internalisasi nilai luhur Ahlu Sunnah wal Jama’ah bagi pengembangan karakter kebangsaan di perguruan tinggi. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 5(2), 89–102. DOI: https://doi.org/10.47200/jnajpm.v5i2.576.

Muslimah, Y. (2020). Internalisasi penguatan pendidikan karakter (PPK) dengan pembiasaan pagi di SDN Joresan Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 (Tesis, IAIN Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/11235/.

Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep adab peserta didik dalam pembelajaran menurut az-Zarnuji dan implikasinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028.

Onde, L. O. M., Aswat, H., Fitriani, B., & Sari, E. R. (2020). Integrasi penguatan pendidikan karakter (PPK) era 4.0 pada pembelajaran berbasis tematik integratif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu4(2), 268-279. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321.

Pardede, F. P. (2022). Pendidikan karakter perguruan tinggi Islam berbasis multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 353–364. DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i01.2127

Rahmat, R., & Tanshzil, S. W. (2017). Model pembinaan pendidikan karakter mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Civicus, 17(1), 1–17. DOI: https://doi.org/10.17509/civicus.v18i1.12379.

Rai, I. B. (2016). Implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Widyasrama, 28(2), 1-10. https://123dok.com/document/qvp14m0q-implementasi-pendidikan-karakter-perguruan-tinggi-rai-widyasrama-sm.html

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Yogyakarta: Deepublish.

Rumapea, M. E. (2015). Urgensi pendidikan karakter di perguruan tinggi. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 49–59. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/2297/4484

Samal, A. L. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dan perguruan tinggi melalui pembelajaran aktif. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v11i1.576

Saputra, A., Zuhdi, A., & Mu’tafi, A. (2019). Pendidikan karakter dalam studi literatur (kajian buku pendidikan karakter karya Thomas Lickona). Repository FITK UNSIQ. http://repo.fitk-unsiq.ac.id/id/eprint/800/

Sofyan, H. (2013). Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan kemahasiswaan. Makalah. Tidak Diterbitkan. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130681037/pendidikan/BUKU+Pendidikan+Karakter+bagi+Mahasiswa+UNY.pdf

Susanti, R. (2013). Penerapan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 480–487. DOI: 10.15548/jt.v20i3.46.

Sutiyono, S., & Suharno, S. (2018). Strategi penguatan karakter bangsa pada mahasiswa di “Padepokan Karakter” Universitas Negeri Semarang. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 55–63. https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/6043

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 55-63. DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6043

Wahab, A. & Umiarso. (2010). Kepemimpinan pendidikan dan kecerdasan spiritual, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zuchdi, D., Ghufron, A., Syamsi, K., & Masruri, M. S. (2014). Pemetaan implementasi pendidikan karakter di SD, SMP, dan SMA di kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2172.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.53947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Karakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter