INTERNALISASI SIKAP HORMAT DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI KISAH HIKMAH SERTA KETELADANAN GURU PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH

Sri Risky Ananda, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Kama Abdul Hakam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ganjar Muhammad Ganeswara, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Pandemi Covid-19 mengubah wajah pendidikan. Terjadinya perubahan dari sistem pembelajaran konvensional ke sistem pembelajaran daring yang berbasis teknologi bisa menjadi rintangan jika guru tidak mampu menintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Selain itu di masa pandemi ini, guru hanya menekankan pada transfer knowledge tetapi seringkali melupakan sisi ruhani dan pendidikan karakter siswa yang menjadi esensi seorang manusia. Kecanggihan teknologi tidak akan mampu menggantikan peran guru sebagai pendidik siswa. Walaupun kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara daring, pendidikan karakter harus tetap menjadi prioritas dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menginterrnalisasi sikap hormat dan tanggung jawab pada siswa sekolah menengah melalui kisah hikmah dan keteladanan guru pada pembelajaran daring. Internalisasi sikap hormat dan tanggung jawab pada masa pembelajaran daring dapat dilakukan melalui keteladanan guru. Bentuk keteladanan guru dalam menanamkan karakter tanggung jawab dapat dilaksanakan dengan cara pembiasaan dan pendekatan kepada siswa untuk dapat menanamkan dan membentuk karakter tanggung jawab siswa. Selain itu internalisasi sikap hormat dan tanggung jawab dapat dilakukan melalui metode kisah yaitu dengan cara bercerita tentang peristiwa-peristiwa ataupun kisah penuh hikmah dalam upaya pembentukan akhlak. Kisah juga dapat memberikan stimulasi kepada peserta didik dan secara otomatis mendorong peserta didik untuk berbuat kebajikan serta dapat membentuk akhlak mulia.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asy'ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Jurnal Qathruna, 194-205.

Azizeh, S. N. (2021). Meode Kisah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. AL-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 88-114.

Budimansyah, D. (2011). Penguatan Oendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Dalimunthe, S. S. (2016). Metode Kisah dalam Perspektif Al-Qur'an. Jurnal Tarbiyah, 274-295.

Dewi, D. A., Budimansyah, D., Suryadi, A., et al. (2020). Project Citizen Digital: Education In The Era of Indutrial Revolution 4.0. Multicultural Education, 94-102.

E., S. I. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal.

Efendi, N. A., Sofyan, S., & Ganeswara, M. G. (2018). Internalization of Discipline by Example Teacher, Students as an Effort to Develop Personality (A Case Study in SMP Negeri 2 Pemalang). Proceeding of International COnference on Child-Friendly Education (pp. 180-194). Surakarta: Unuversitas Muhamadiyah Surakarta.

Faturrahman. (2020). Hakikat ilai Hormat dan Tanggung Jawab Thomas Lickona dalam Perspektif Islam (Sebuah Pendekatan Integratif-Interkonektif). Al-Tarbawi Al-Hadistah: Jurnal Pendidikan Islam.

Febrianty D & Cendana W. (2021). Keteladanan Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring. Musamus Journal of Primary Education.

Fepriyanti, U. & Suharto, A. W. B. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru dan Orang Tua SIswa. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 135-146.

Gestiardi, R. & Suyitno. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Karakter, 1-11.

Gunawan, I., Sauri, S., & Ganeswara, M. G. (2019). Internalisasi Nilai Moral melalui Keteladanan Guru pada Proses Pembelajaran di Ruang Kelas. Sosio Religi, 1-7.

Hakam & Nurdin. (2016). Metode Inernalisasi Nila-Nilai, Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung: Maulana Media Grafika.

Hartati, N. S. (2020). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Normal. Journal of Islamic Education Management, 97-116.

Hartati, N. S. (2020). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Normal. Journal of Islamic Education Management, 97-116.

Hartono. (2018). Pendidikan Karakter dalam Al-Quran pada Kalangan Remaja di Era DIgital. Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Hadist.

Khaidir. (2020). Membentuk Karakter Disiplin dan Tnaggung Jawab Melalui Keteladanan Guru Terhadap SIswa SD Negeri Bambong. Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital untuk Generasi Milenial, (pp. 247-254). Surabaya.

Kibtiyah, A. A. (2021). Sikap Disiplin, Tanggung Jwab dan Perilaku Belajar Anak Selama Masa Pandemi. Seminar Nasional SAINSTEKNOPAK Ke-5 (pp. 1-18). Jombang: LPPM Unhasy Tebuireng.

Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4.0 : Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam.

Kusumadesi, R. F., Yustiana, S. & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal RIset Pendidikan Dasar, 7-13.

Kuswoyo, P. (2012). Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Kisah. Jurnal Pendidikan Islam, 69-88.

Lickona, T. (2019). Educating for Character: Mendidik dan Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mursabdo, W. &. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Saya Serap Siswa Kelas 9 SMP Kristen Kanaan Jakarta. Jurnal Lentera, 17-26.

Pertiwi, A. H. (2021). Pembiasaan Nilai Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Daring. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 48-54.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar.

Santika, I. W. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values Character Education Journal.

Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A. et al. (2019). Nilai Pendidikan Karakter pada Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 63-79.

Suhrawardi. (2020). Impelemntasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri. (2019). Penguatan Peran Guru di Era DIgital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. TARBAWI urnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 229-238.

Wismaliya, R., Hakam, K. A., & Agustin, M. (2018). Model of Learning COgnitive Moral Development Through Pictorial Story in Elementary School. IJAEDU, 77-85.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.46385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Karakter




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter