PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI

Rivan Gestiardi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Suyitno Suyitno, Ahmad Dahlan University, Indonesia

Abstract


Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah upaya untuk membentuk karakter siswa di Indonesia agar menjadi orang yang baik, berguna untuk dirinya dan sekitarnya. Dengan kebijakan daring selama masa pandemi Covid-19, terjadi perubahan proses pendidikan karakter yang berbeda. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter tanggung jawab di Sekolah Dasar Muhammadiyah Ngabean I di Yogyakarta di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitin ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan penguatan pendidikan karakter tanggung jawab di masa  pandemi dilakukan dengan cara: (1) sekolah mengintegrasikan nilai karakter tanggung jawab ke dalam pembelajaran, dan juga dengan cara sekolah menerapkan protokol Kesehatan; (2) SD Muhammadiyah Ngabean 1 memfokuskan program penguatan pendidikan karakter pada nilai tanggung jawab dalam mengerjakan tugas masing-masing yang diberikan oleh guru; dan (3) sekolah berkerja sama dengan orang tua untuk melaksanakan pendidikan karakter tanggung jawab kepada siswa dalam pendampingan pembelajaran selama di rumah.

STRENGTHENING THE RESPONSIBILITY CHARACTER EDUCATION OF ELEMENTARY SCHOOLS IN THE PANDEMIC ERA

Character education is the beginning of efforts to form a character, which is the basis for being useful for himself and his surroundings. This policy, students experience changes and different habits, usually done in schools, is now changing in their respective homes. This research uses descriptive qualitative research design with descriptive case study research design. Data collection in this research is done by using observation, interview, and documentation techniques. This research aims to describe the character strengthening program carried out by elementary schools in Yogyakarta. Strengthening character education of primary schools in a pandemic is carried out by: (1) the role of school in calling for the implementation of health protocols such as using hands frequently using masks and maintaining a safe distance from each other; (2) the school also collaborates with parents to emphasize character education of students in learning assistance while at home; and (3) SD Muhammadiyah Ngabean 1 focuses on strengthening characters, namely discipline and responsibility in doing each assignment given by the teacher.


Keywords


penguatan pendidikan karakter (PPK), sekolah dasar, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. A. R. (2016). Integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter dan budaya bangsa yang berbasis pada lingkungan sekolah. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 1-11. DOI: https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i1.334.

Baez, B. (2002). Confidentiality in qualitative research: reflections on secrets, power and agency. Qualitative Research, 2(1), 35-58. DOI: https://doi.org/10.1177/1468794102002001638.

Berkowitz, M. W., & Fekula, M. J. (1999). Educating for character. About Campus: Enriching the Student Learning Experience. DOI: https://doi.org/10.1177/108648229900400504.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Fattah, N. (2016). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan kete- rampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar kelas V pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Metodik Dedaktik. Edisi Khusus (2), 98-106. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/11-Yuli_Nurul-EDIT.pdf.

Flick, U. (2012). From an idea to a research question. In Designing Qualitative Research. London: SAGE Publication.

Flick, U., Kardorff, E. Von, & Steinke, I. (2004). What is qualitative research? An introduction to the field. In A Companion to Qualitative Research. London: SAGE Publication.

Kim, P., Amanda, L., & Kathleen, M. (2011). The digital revolution and higher education college presidents, public differ on value of online learning. The Digital Revolution and Higher Education College Presidents, Public Differ on Value of Online Learning. 202. http://pewsocialtrends.org/2011/08/28/the-digital-revolution-and-high- er-education/1/.

Komariah, K. St. (2011). Model pendidikan nilai moral bagi para remaja menurut perspektif Islam. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 45-54. http://jurnal.upi.edu/file/04_MODEL_P ENDIDIKAN_NILAI_MORAL-KOKOM.pdf.

Makarim, N.A. (2020). Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). In Surat Edaran Permendikbud Nompr 4 Tahun 2020.

Martisiswati, E. & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187-198. DOI: https://doi.org/10.21- 831/jppm.v1i2.2688.

Maykut, P. & Richard, M. (1994). Beginning qualitative research: A philosphical and practical guide. New York: Routledge.

Mutiah, D. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kekerasan terhadap anak. Jakarta: Kencana.

Nasional, K.P. (2011). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta: BPPPK Kemdiknas RI.

Nasional, K. P. (2010). Penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Jakarta: BPPPK Kemdiknas RI.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Rukiyati, Sutarini, N. & Priyoyuwono (2014). Penanaman nilai karakter tanggung jawab dan kerja sama terinte- grasi dalam perkuliahan ilmu pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 213-224. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2797.

Ruyadi, Y. (2010). Model pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal (penelitian terhadap masyarakat adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk pengembangan pendidikan karakter di sekolah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI. Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010.

Salahudin, A. & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Samani, M., & Hariyanto (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. PT. Remaja Rosdakarya.

Shochib, M. (2014). Pola asuh orang tua dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2021). Strategi kepala TK dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508-520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582.

Suyadi, I. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syafitri, R. (2017). Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui strategi giving questions and getting answers pada siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 57-63. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v1i 2.12623.

Wulandari, E., Taufik, M., & Kuncahyono, K. (2018). Analisis implementasi full day school sebagai upaya pembentukan karakter siswa di SD Muham- madiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 65-74. https://doi.- org/10.22219/jp2sd.v6i1.5904.

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan nilai: Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran selama masa karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen,4(1),37-45. DOI:https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Karakter




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter