Pengembangan Buku Pengayaan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Bermuatan Nilai Karakter Untuk Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama

Wahyu Bintarto Bintarto, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia

Abstract


 Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa buku pengayaan pembelajaran  menulis naskah drama bermuatan nilai karakter untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama di  Klaten. Penelitian dan pengembangan ini berpedoman pada langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono dan Borg & Gall dengan beberapa penyesuaian. Langkah-langkah pengembangan meliputi delapan langkah, yaitu: (1) pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) rancangan produk; (4) validasi  desain; (5) revisi desain; (6) pembuatan produk; (7) uji coba terbatas; dan (8) revisi produk. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan pembelajaran menulis naskah drama bermuatan nilai karakter untuk  siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama diperlukan, baik oleh guru maupun siswa. Kompetensi  dasar tentang sikap memuat nilai-nilai karakter dari program Penguatan Pendidikan Karakter oleh  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan.  Kompetensi  dasar  tentang  pengetahuan  dikembangkan  sampai tahap menganalisis dan mengevaluasi. Kompetensi dasar tentang keterampilan dikembangkan sampai tahap menyajikan produk kerangka dan naskah drama. Materi pembelajaran bersumber  pada teks, gambar, dan audiovisual yang kontekstual. Tugas dalam buku pengayaan berbasis teks  dan reflektif. Dengan muatan kompetensi dasar, materi, tugas, dan penilaian tersebut, produk buku  pengayaan sudah layak dan dapat dipergunakan sebagai sumber pembelajaran untuk guru dan siswa  di sekolah. 

THE DEVELOPMENT OF ENRICHMENT BOOK OF DRAMA SCRIPTS WRITING  CONTAINING THE CHARACTERS VALUES FOR EIGHT GRADES OF JUNIOR  SECONDARY SCHOOL STUDENTS 

The purpose of this study was to develop the product in the form of an enrichment book for  learning of drama scripts writing containing character values for eight graders of Junior Secondary  School in Klaten region. The research and the development was based on the steps cultivated by Sugiyono and Borg & Gall with some adaptation. There were 8 steps: (1) gathering the information, (2)  planning; (3) product planning; (4) design validation; (5) design revision; (6) production; (7) limited  testing; and (8) product revision. Data collection usied interview, observation, and document study  techniques. The result showed that the  enrichment book for learning of drama scripts writing containing character values for eight graders of Junior Secondary School was needed by the teachers and  students. The basic attitude competence containing the characters values mentioned in the Character  Educations of Ministry of Education and Culture. The basic knowledge competence was developed to  the level of analyzing and evaluating. The basic skill competencies were developed to the level of presenting the outline product and the drama scripts. The source of the materials in the enrichment book  were contextual  texts, pictures, and audiovisual. The assignment  of the enrichment book were based  on texts and reflections. Containing the basic competencies, the materials, the assignments, and the  assessments, the product of an enrichment book for learning was worthy and could be used as the  learning sources for teachers and students at school. 


Keywords


buku pengayaan, menulis naskah drama, nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Anna, H. (2016). Pembelajaran bahasa Indonesia dalam konteks multibudaya. Jurnal Al-Ta’dib, 9(2), 74-91. DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v9i 2.514.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Dananjaya, U. (2013). Media pembelajaran aktif. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Daniastuti, E. & Haryadi, H. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik integratif berbasis nilai karakter disiplin dan percaya diri. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 255-267. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13624.

Dewantara, K. H. (2013). Bagian pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Dowdy, J.K. & Kaplan, S. (Eds.). (2011). Teaching drama in the classroom (a toolbox for teachers). Rotterdam: Sense Publishers.

Ezabella, S., Suyanto, E., dan Fuad, M. (2014). Penggunaan media komik untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa. Jurnal Simbol, 1(2), 1-11. Retrieved from http:- //jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/3488.

Jabrohim (ed.). (1994). Pengajaran sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar & FPBS IKIP Muhammadiyah.

Irawati, R.P. & Elmubarok, Z. (2014). Pengembangan buku ajar bahasa Indonesia tematik berkarakter bagi siswa SD melalui sastra anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 81-96. DOI: https:- //doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2179.

Jannah, M. & Fuad, M. (2016). Pengembangan bahan ajar bermain drama berbasis autobiografi Habibie dan Ainun. Jurnal Simbol, 3(2), 1-10. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/- index.php/BINDO/article/view/10- 853.

Lazar, G. (1993). Literature and language teaching: A guide for teachers and trainers. New York: Cambrigde University Press.

Lickona, T. (2012). Educating for Character: Mendidik untuk membentuk karakter. (Terjemah: Juma Abdu Wamaungo) Jakarta: Bumi Aksara.

Mcelmeel, S. L. (2002). Character education. Retrieved from https://b-ok.asia/book/928768/915a86.

Moody, H. L. B. (1988). Metode pengajaran sastra. (Terjemah: Rahmanto). Yogyakarta: Kanisius.

Nurhadi, A. (2016). Peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan media pembelajaran video stop motion untuk siswa kelas VIII A SMP N 1 Semanu. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhayati, (2008). Berbagai strategi pembelajaran bahasa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(2), 110-116. Retrieved from https://docplayer.in- fo/30221617-Berbagai-strategi-pembelajaran-bahasa-dapat-meningkatkan-kemampuan-berbahasa-siswa-1.html

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Pradita, N.E. & Wangid, M.N. (2017). Pengembangan LKPD tematik-integratif berbasis karakter pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 56-70. DOI: https:// doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15500.

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar. Teori dan aplikasinya di sekolah/madrasah. Depok: Prenamedia Group.

Pratiwi, Y. & Siswiyanti, F. (2014). Teori drama dan pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ratna, N.K. (2014). Peranan karya sastra, seni, dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosad, A.M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190. DOI: http://dx.doi.org/10.32678/tar- bawi.v5i02.2074.

Sitepu, B.P. (2012). Penulisan buku teks. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sitepu, B.P. (2014). Pengembangan sumber belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian & pengembangan untuk bidang: pendidikan, manajemen, sosial, teknik. Bandung: Alfabeta.

Suparno dkk, Paul. (2002). Pendidikan budi pekerti di sekolah: Suatu tinjauan umum. Yogyakarta: Kanisius.

Tim Penyusun Buku. (2016). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter tingkat sekolah dasar dan menengah pertama. Jakarta: Tim PPK Kemendikbud.

Utami, K.N. & Mustadi, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran tematik dalam peningkatan karakter, motivasi, dan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14-25. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492.

Waluyo, H. J. (2003). Drama: Teori dan pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.32773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Karakter




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter