PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBELAJARAN BAHASA ASING BERWAWASAN INTERKULTURAL

Iman Santoso,

Abstract


Abstrak: Pembelajaran bahasa asing saat ini menduduki posisi yang cukup penting dalam peta pendidikan di Indonesia. Melalui pembelajaran bahasa asing diharapkan akan terbentuk manusia Indonesia yang mampu berkomunikasi dalam bahasa asing dengan berbagai bangsa di dunia. Penguasaan bahasa Asing juga sangat diperlukan, karena akan menjadi pintu bagi bangsa Indonesia untuk menyerap perkembangan ilmu pengetahuan dari negara-negara lain. Salah satu cara agar pembelajaran bahasa Asing dapat menghasilkan output yang mampu berkomunkasi dengan baik dalam bahasa target yang dipelajari adalah melalui pembelajaran bahasa asing yang berwawasan interkultural. Bahasa dan budaya merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan, sehingga keberhasilan pembelajaran bahasa asing juga akan dipengaruhi seberapa jauh unsur budaya dari bahasa target dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Di sisi lain, dalam konteks keindonesiaan, pembelajaran bahasa asing juga terikat untuk menerjemahkan amanah dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, yaitu kewajiban untuk turut serta membentuk manusia Indonesia yang berkarakter.
Kata Kunci: pendidikan karakter, pembelajaran bahasa asing, pembelajaran interkultural
CHARACTER EDUCATION AND INTERCULTURALLY ORIENTED FOREIGN LANGAGE TEACHING AND LEARNING
Abstract: Today foreign language teaching and learning plays an important role in the Indonesian education system. By learning foreign languages it is expected that learners are able to communicate in languages of different countries in the world. Acquiring a foreign language also enables them to access knowledge from other countries. One of the ways to achieve this is through interculturaloriented language teaching and learning. Language and culture are inseparable and therefore the success of foreign language teaching and learning is influenced by how cultural aspects are integrated into language teaching. In the Indonesian education system, the foreign language teaching and learning has to meet the requirements set out in the National Education Act, No. 2, 2003. This act requires that the foreign language teaching also support character education.
Keywords: character education, foreign language teaching and learning, intercultural learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter