Dampak pembelajaran penjas dengan workout exercise terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa

Raden Roro Sriwidaningsih, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan, Indonesia
Diky Hadiansyah, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan, Indonesia
Alvin Gunardi Nugraha, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran penjas dengan workout exercise terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Poor Experimen dengan desain One Group Pre Test Post Test. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plered yang berjumlah 165 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Indiana Physical Fitness Test yang terdiri dari: Straddle Chins, Squat Thrust, Push Up, dan Squat Jump. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa adanya peningkatan dari nilai pre-test pada nilai post-test terhadap tes kebugaran jasmani menggunakan Indiana Physical Fitness Test. Hasil tersebut dibuktikan dengan hasil analisis uji-t yang dibantu dengan program analisis data SPSS 25 dengan nilai probabilitas 0,000, karena 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukan adanya peningkatan nilai hasil dari pre-test terhadap nilai hasil post-test kebugaran jasmani siswa. Hal itu mendasari pengambilan keputusan yang menyatakan bahwa ada perbedaan peningkatan kebugaran jasmani siswa setelah diberikan perlakuan yaitu pembelajaran pendidikan jasmani dengan Workout Exercise. Penelitian yang dilakukan dapat menjadi bahan pertimbangan bahwa aplikasi home workout dapat dijadikan media pembelajaran penjas dalam upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa.

 

This study aims to determine the impact of physical education learning with workout exercises on the level of physical fitness of students. This study uses the Poor Experiment research method with the One Group Pre Test Post Test design. The population in this study were 165 students of class XI MIPA SMA Negeri 1 Plered. The sample in this study were students of class XI MIPA 5 totaling 27 people. The instrument used in this research is the Indiana Physical Fitness Test which consists of: Straddle Chins, Squat Thrust, Push Up, and Squat Jump. Based on the results of the study, it can be seen that there is an increase in the pre-test scores on the post-test scores on physical fitness tests using the Indiana Physical Fitness Test. These results are evidenced by the results of the t-test analysis assisted by the SPSS 25 data analysis program with a probability value of 0.000, because 0.000 < 0.05 then Ha is accepted and H0 is rejected. These results indicate an increase in the value of the results of the pre-test on the value of the post-test results of students' physical fitness. This underlies the decision making which states that there is a difference in the improvement of students' physical fitness after being given treatment, namely physical education learning with Workout Exercise. The research conducted can be taken into consideration that home workout applications can be used as physical education learning media in an effort to improve students' physical fitness.


Keywords


workout exercise; physical fitness; kebugaran jasmani

Full Text:

PDF

References


Amil, B., Nasional, Z., BAZNAS, Badan, K., Zakat, A., Republik, N., غسان, د., Badan Amil Zakat Nasional, Dana, L. P. L. D. A. N., Keuangaii, L., Beraktiir, Y., Relief, H., Hall, J. K., Weinberger, R., Marco, S., Steinitz, G., Moula, S., Accountants, R. P., Report, A. A. S., … Eddy, S. A. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9.

Haskell, W. L., & Kiernan, M. (2018). Methodologic issues in measuring physical activity and physical fitness when evaluating the role of dietary supplements for physically active people 1 – 3. American Society for Clinical Nutrition, 72(April).

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.

Jumareng, H., Setiawan, E., Budiarto, B., Patah, I. A., Gani, R. A., & Kastrena, E. (2021). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 24–32.

Melyza, A., & Agus, R. M. (2021). Siswa terhadap proses penerapan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Padang Cermin. 2(1), 8–16.

Nurhasan. (2005). Aktivitas Kebugaran. Depdiknas.

Qomarrullah, R., Furqon, M. H., & Kristiyanto, A. (2008). Model aktivitas belajar gerak berbasis permainan sebagai materi ajar pendidikan jasmani ( Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar ). 1–10.

Ramadhan, R. I., Keolahragaan, S.-I., Olahraga, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). Workout sebagai aktivitas olahraga mahasiswa menjaga kebugaran jasmani di tengah pandemi covid 19 Dita Yuliastrid.

Roji. (2009). Pendidikan Jasmani kelas VII. Erlangga.

Sunardi, J., & Kriswanto, E. S. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Negeri Yogyakarta saat pandemi Covid-19 Clean and healthy life behavior of Yogyakarta State University sports education students during the Covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 156–167.

Winarno, M. E. (2006). Perspektif pendidikan jasmani dan olahraga.

Winarta, D. A., Faruk, M., Pd, S., & Kes, M. (n.d.). Meningkatkan kebugaran siswa melalui aktifitas fisik dengan metode tabata training di masa pandemi Covid-19. 60–66.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.53552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats