Implementasi pembelajaran permainan bola besar berorientasi high order thinking skill (HOTS) di SMP Negeri se-Kota Yogyakarta

Galih Dewanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yudanto Yudanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amri Hartanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Betrix Teofa Perkasa Wibafied Billy Yacshie, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Afeb Chesa Arianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi materi pembelajaran bola besar berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMP Negeri se- Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri se- Kota Yogyakarta yang berjumlah 32 guru. Sampel berjumlah 16 guru yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa implementasi pembelajaran permainan bola besar berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMP Negeri se- Kota Yogyakarta berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0,00% (0 guru), “kurang” sebesar 37,50% (6 guru), “cukup” sebesar 62,50% (10 guru), “baik” sebesar 0,00% (0 guru), dan “sangat baik” sebesar 0,00% (0 guru). Guru hendaknya dapat mengubah pola pembelajaran secara komprehensif yang berbasis pada kemampuan berpikir dan kreatif.

 

Abstract: This study aims to determine the implementation of the Higher Order Thinking Skill (HOTS) oriented big ball learning material in State Junior High Schools throughout the city of Yogyakarta. This type of research is descriptive quantitative with a survey method. The population in this study were PJOK teachers at state junior high schools throughout the city of Yogyakarta, totalling 32 teachers. A sample of 16 teachers was taken using the proportional random sampling technique. The instrument used is a questionnaire. The data analysis technique used descriptive percentage analysis. Based on the results of data analysis, it can be seen that the implementation of the Higher Order Thinking Skill (HOTS) oriented learning material in State Junior High Schools throughout the city of Yogyakarta is in the "very poor" category of 0.00% (0 teachers), "less" of 37 .50% (6 teachers), 62.50% (10 teachers), “good” 0.00% (0 teachers), and “very good” 0.00% (0 teachers).


Keywords


Implementasi; pembelajaran bola besar; Higher Order Thinking Skill; HOTS

Full Text:

Fulltext PDF

References


Ahmada, R. F. A. R. F., & Sulthoni, S. (2021). Strategi implementasi higher order thinking skill (HOTS) terhadap kemandirian belajar anak usia dini study kasus di TK DWP Simpang Kabupaten Sidoarjo. Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan Dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, 1(1).

Aprilianingrum, I. R. (2018). Analisis desain rencana pelaksanaan pembelajaran guru mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.

Asnaldi, A., Zulman, F.-U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16–27.

Choiriyah, M., & Katoningsih, S. (2021). Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Mendongeng Pada Anak Usia Dini Kelompok B di Tk Islam Darmowijoto Banjarsari. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Deviana, T. (2019). Implementation of thematic learbing based on HOTS (Higher of Order Thinking Skills) in 2013 Curriculum at SD Muhammadiyah 05 Batu. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 6(2), 385–415.

Deviana, T., & Kusumaningtyas, D. I. (2019). Analisis kebutuhan penyusunan perangkat pembelajaran tematik berbasis HOTS (higher of order thinking skills) pada kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 64–74.

Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended learning and project based learning: the method to improve students’ higher order thinking skill (HOTS). Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231–248.

Faruq, U., & Huda, M. M. (2020). Bahasa Arab berbasis peningkatan pembelajaran hots (higher order thinking skills)(kajian pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Step 2 Kemenag RI). Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 1–20.

Febrianti, W., Zulyusri, Z., & Lufri, L. (2021). Meta analisis: pengembangan soal hots untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 39–45.

Hartuti, M., & Handayani, D. E. (2019). Analisis penilaian kognitif kurikulum 2013 kelas rendah MI Sabilul Ulum Mayong Jepara. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(1), 1–8.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di tengah pandemi corona virus disease (Covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2019). Environmental learning based on higher order thinking skills: a needs assessment. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 21–24.

Julianti, N. L., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada pembelajaran IPA tema selamatkan makhluk hidup kelas VI SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 281–290.

Manullang, N. A. (2021). Analisis model discovery learning berbasis higher order thinking skills (hots) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar (Analisis deskriptif kualitatif dengan teknik studi literatur). FKIP UNPAS.

Marfhadella, P. (2021). Pengembangan assessment untuk mengukur kemampuan berpikir kritis materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP Se-Kota Bengkulu. UIN FAS BENGKULU.

Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2020). Motivasi guru sekolah dasar pada pelatihan pengembangan alat evaluasi berorientasi HOTS dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid 19. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 789–798.

Maulana, F., Ningtyas, G. S., & Nugraheni, W. (2021). Survei motivasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan via sistem pembelajaran daring kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jendela Olahraga, 6(1), 1–8.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438.

Parent, S., Kotiuga, J., Vertommen, T., & Fortier, K. (2020). Exploring the links between self-directed violence and child maltreatment and bullying in sport. Routledge Handbook of Athlete Welfare, 128.

Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., & Laksono, P. (2020). Improving higher order thinking skills (hots) with project based learning (pjbl) model assisted by geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 12027.

Purnama, M. (2021). Implementasi Program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKB) berbasis zonasi untuk guru pada jenjang SMP. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 58–69.

Purwaka, Y. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani di era adaptasi kebiasaan baru. NEW NORMAL PENDIDIKAN, 14.

Putri, A. E. (2021). Model penilaian berbasis HOTS pada pembelajaran sejarah. Penerbit Lakeisha.

Rahayu, Y. I. S., & Chotimah, S. (2021). Higher order thingking skills siswa smp pada materi aritmatika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 921–930.

Rizki, W. K., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan pembelajaran penjas di era pandemi pada sekolah dasar se-Kecamatan Kalinyamatan Jepara Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 327–335.

Rodiana, S., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen penilaian berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada mata pelajaran kearsipan jurusan OTKP di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 82–95.

Rohim, D. C. (2019). Strategi penyusunan soal berbasis HOTs pada pembelajaran matematika SD. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436–446.

Safi’i, I., & Amar, F. (2019). Pelatihan penyusunan instrumen evaluasi berstandar HOTS bagi guru-guru SD di wilayah Banyudono. Abdimas Dewantara, 2(2), 149–157.

Sofiyan, S., Amalia, R., & Suwardi, A. B. (2020). Development of mathematical teaching materials based on project-based learning to improve students’ HOTS and character. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1), 12006.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2020). Analysis of high order thinking skill (HOTS) in joint midterm examination at YAPNUSDA Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 12102.

Suhartono, S., Susiani, T. S., Salimi, M., & Hidayah, R. (2021). Strategi dan implementasi penyusunan soal higher order thinking skills (HOTS) bagi guru sekolah dasar di Kabupaten Kebumen. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(1).

Supriyadi, M. (2021). Hubungan sarana prasarana olahraga terhadap minat siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMK N 03 Kota Lubuklinggau. LJSE: Linggau Journal Science Education, 1(1), 60–67.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi pembelajaran tematik di kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139–144.

Wandini, R. R., Siregar, T. R. A., & Iskandar, W. (2021). Analisis materi pokok bahasa Indonesia kelas V MI/SD berbasis HOTS (higher order thinking skills). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 156–166.

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Penerapan pendekatan saintifik terhadap pembelajaran pendidikan jasmani materi teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54.

Widyanto, I. P. (2021). Manajemen pembelajaran high order thinking skills di perguruan tinggi keagamaan. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 6, 162–179.

Wolfson, D. B., Warshaw, J. S., & Coleman, J. C. (2021). Changing the improvement paradigm for our kids. In Patient Safety and Quality Improvement in Healthcare (pp. 353–373). Springer.

Yakovleva, A., Savvina, I., & Popova, S. (2020). Students’ responsibility and parents’ attitude to them. International Scientific and Practical Conference on Education, Health and Human Wellbeing (ICEDER 2019).

Yasa, A. D., Suastika, K. K., & Zubaidah, R. S. A. N. (2020). Pengembangan e-evaluation berbasis aplikasi hot potatoes untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26–32.

Yayuk, E., Deviana, T., & Sulistyani, N. (2019). Implementasi pembelajaran dan penilaian hots pada siswa kelas 4 sekolah Indonesia Bangkok Thailand. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 107–122.

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka, N. (2017). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v17i2.44991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats