PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN ANALITIK TERHADAP KETERAMPILAN PNEUMATIK MAHASISWA TEKNIK MESIN UNY

M. Bruri Triyono,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan pneumatik pada mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran lengkap dan demonstrasi sesuai berdasarkan kemampuan analitiknya pada pembelajaran mata kuliah Pneumatik Hidroulik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel terikat keterampilan pneumatik, variabel bebas strategi pembelajaran, dan variabel atribut kemampuan analitik mahasiswa. Rancangan eksperimen faktorial 2x2 dengan dua ta-raf kualifikasi variabel bebas yaitu strategi pembelajaran lengkap dan demonstrasi. Dua kelas sebagai subyek penelitian dengan 32 mahasiswa pada masing-masing kelas, sehingga jumlah keseluruhan adalah 64 mahasiswa yang dipilih secara random. Temuan penelitian ini adalah (1) keterampilan pneumatik mahasiswa yang diajar dengan strategi lengkap lebih tinggi dibanding yang diajar dengan strategi demonstrasi, (2) kelompok mahasiswa yang berkemampuan analitik tinggi dan diajar dengan strategi lengkap, keterampilannya lebih tinggi dibanding yang diajar dengan strategi demonstrasi, (3) kelompok mahasiswa yang berkemampuan analitik rendah dan diajar dengan strategi demonstrasi, keterampilannya lebih tinggi dibanding yang diajar dengan strategi lengkap, (4) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan analitik terhadap keterampilan pneumatik.

Kata kunci:      strategi pembelajaran, kemampuan analitik, keterampilan pneumatik

Full Text:

PDF

References


Aiken, Lewis R. (1997). Psychological testing and assessment. Boston: Allyn and Bacon.

Anderson, Orin W. & Krathwohl, David. (2001). A taxonomy for learning, teaching and assessing. New York: Longman Inc.

Barret, Jim & Williams, Geoff. (2000). Tes bakat anda. Terjemahan Tito Ananta D. dan Rasyid. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Bigge, M.L. (1982). Learning theories for teachers. New York: Harper & Row.

Blacker, David. (2004). Allowing educational technologies to reveal. (htpp://www.ed.uiuc.edu/EPS/educational-theory/contents/43-2-Noel.html).

Croser, P. (1989). Pneumatics. Esslingen: Festo Didactic.

DeRuntz, Bruce D. & Roger M. Turner. (2004). Organizational considerations for advanced manufacturing technology. (http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JTS/winter-spring-2003/pdf).

Dick, Walter & Lou Carey. (1996). The systematic design of instruction. New York: Longman.

Fox JA. (1982). Engineering fluid mechanics. London: The Macmillan Press Ltd.

Gilstrap, Robert L. & William R. Martin. (1975). Current strategies for teachers. California: Goodyear Pubh. Co. Inc.

Hinch, Robert. (1996). Instructional media and technologies for learning. New York: Prentice Hall.

Joyce, Bruce & Well, Marsha. (1996). Models of teaching. Boston: Allyn & Bacon.

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 1, Tahun XI, 2008 M. Bruri Triyono19

Kahie, Jane, Butler. (1989). Teaching science in the secondary school. New York: D. Van Nostrand, Co.

Ketut, S. Dewa. (1997). Tes bakat karier anda. Jakarta: Rineka Cipta.

Kirk, Roger E. (1968). Experimental design: procedures for the behavioral sciences. Belmont, California: Wadsworth, Inc.

McKeachie, Wilbert J. (1994). Teaching tips, strategies, research, and theory for college and university teachers. Lexington: D.C Heat and Company.

Mulyowidodo. (1996). Teknologi Otomasi dan Aplikasinya dalam Proses Produksi. Makalah Seminar Teknologi Otomasi. UNDIP Semarang.

Oxendine J.B. (1984). Psychology of motor learning. Anglewood Cliffs, New Jersey: Prantice Hall, Inc.

Parr, Andrew. (1998). Hidrolika dan penumatika. Terjemahan Gunawan P, Jakarta: Erlangga.

Reuben, M., & Steven J.W. (1993). Dasar-dasar mekanika fluida teknik. Jakarta: Gramedia.

Schmidt, R.A. (1991). Motor learning & performance. Champaign, Illinois: Human Kinetics Book.

Situmorang, Julaga. (1998). Pengaruh strategi pengajaran praktek dan latar belakang pendidikan terhadap keterampilan mengelas listrik.” Disertasi. PPS UNJ.

Suparman, Atwi. (1977). Desain instruksional. (buku 2). Jakarta: PAU-PPAI.

Thayer, Barbara J. & Bacon, Caring. Relationship to critical thinking. (htpp://www.ed.uiuc.edu/EPS/educational-theory/contents/43-3-thayer-bacon)




DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:

   

ISSN 2338-6061 (online)    ||    ISSN 2685-7111 (print)

View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics